ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA IKLAN DI AKUN INSTAGRAM CARUBANID

Dyah Ayu Resita Dewi, Dwi Rohman Soleh, Dhika Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alih kode dan campur kode pada iklan di akun instagram CarubanID dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya  alih  kode  dan  campur  kode  pada  iklan  di  akun  instagram  CarubanID. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan, mulai bulan Februari sampai dengan bulan Juni 2019, dimulai dengan mencari data sampai dengan menulis laporan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data penelitian ini didapat dari hasil melihat kenyataan sesungguhnya yang berupa tulisan-tulisan, lalu dianalisis dan ditafsirkan dengan objektif untuk kemudian dideskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Data berupa alih kode dan campur kode pada iklan di akun instagram CarubanID. Peneliti mengumpulkan sebanyak-banyaknya iklan yang kemudian terkumpul sebanyak 52 iklan. Pengumpulan data dilakukan dengan penelaahan terhadap dokumen tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 33 data alih kode dan 50 data campur kode. Dari 33 data terdapat 4 bentuk alih kode yaitu, alih kode dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa, dan alih kode dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia. Dari 50 data terdapat 3 bentuk campur kode yaitu, campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, dan campur kode bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Jawa.  Faktor-faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode pada iklan di akun instagram CarubanID ada 4 yaitu, karakter bisnis dari   pembuat   iklan,   teknis   penulisan   terpengaruh   oleh   bahasa   lisan,   kurangnya penguasaan bahasa yang akan digunakan, dan adanya bahasa serapan.


Keywords


Pendidikan Karakter, Novel, Implementasi

Full Text:

PDF

References


Chaer, A. & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pujiyanto. (2003). Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Periklanan. Nirwana, 5(1), 96-109.

Rokhman, F. (2013). Sosiolinguistik: Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: graha ilmu.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono. (2010). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanto, B. & Sutinah. (2008). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: kencana.


Article Metrics

Abstract has been read : 53 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats