PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ”BUMI CINTA” KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLEMENTASINYA UNTUK MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMKN 2 MADIUN KELAS X SEMESTER II

Nely Maurena Faradela, Teguh Suharto, Muhammad Binur Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan implementasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X SMKN 2 Madiun tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan mulai maret 2019 sampai Juni 2019 mulai dari menganalisis novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan implementasinya pada siswa kelas X OTKP 3 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan informan siswa kelas X OTKP. Adapun hasil penelitian dari deskripsi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy adalah: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri,  demokratis, semangat kebangsaan danm nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, dan rasa ingin tahu.SMKN 2 Madiun tahun pelajaran 2018/2019 yaitu sebagai berikut. Dimulai dari kegiatan perencanaan pembelajaran yang isinya mulai dari pemilihan novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, membahas RPP, pelaksanaan pembelajaran yaitu mengidentifikasikan unsur intrinsik dan nilai karakter yang ada di dalam novel, dan evaluasi pembelajaran.


Keywords


Pendidikan Karakter, Novel, Implementasi

Full Text:

PDF

References


El Shirazy, Habiburrahman. 2019. Bumi Cinta. Jakarta. Republika Penerbit.

Moleong, J Lexy. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Sakty, Reny Nawang. 2013. Nilai Pendidikan Karakter Novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Halaman 14-40.

Satori Djam’an dan Aan Komariah. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Setiawati, Nanda Ayu. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 348-352.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta. Sebelas Maret University Press.

Suyadi. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Wellek Rene dan Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, Hengki dan Helaluddin. 2018. Hakikat Pendidikan Karakter. Halaman 1-10.


Article Metrics

Abstract has been read : 1064 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v7i2.5941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats