IMPLIKATUR PADA UNGGAHAN INSTAGRAM PRODUK “ MATAHARI DEPARTEMENT STORE†BULAN APRIL 2018 (KAJIAN PRAGMATIK)
DOI:
https://doi.org/10.25273/widyabastra.v6i2.3595Keywords:
Kepaduan, Implikatur, InstagramAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepaduan antara gambar dan caption yang diunggah dan Implikatur yang mengandung maksud, tujuan dan makna tersirat pada setiap unggahan pada Instagram Matahari Departement Store dengan akun @mataharideptstore. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data berasal Instagram produk Matahari Department Store dengan nama akun @mataharideptstore. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan analisis.Teknik analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan analisis. Hasil temuan penelitian ini diperoleh sebagai berikut: (1) Kepaduan antara caption dan gambar pada unggahan Instagram Matahari Departement Store pada bulan April 2018 antara konteks, gambar dan caption berdasarakan gambar, caption dan konteks yang berhubungan dengan unggahan, dan (2) Implikatur pada unggahan Instagram Matahari Departement Store pada bulan April 2018 ditunjukkan dengan unggahan gambar produk.
Downloads
References
Arianti, G. (2017). Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instragram Dan Path. Wacana, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 180-192.Dalam (http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/21 diunduh pada 20 Maret 2018).
Danesi, M. 2004. Pesan, Tanda, dan Makna. Yogyakarta. Jalasutra
Lee, Monle & Carla Jhonson. 2007. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana
Lubis, H. H. 2011. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa
Julaidi, A. (2015). Efektivitas Iklan All Season Photo Surabaya Dengan Menggunakan Media Facebook Dan Instagram. Jurnal e-Komunikasi, 3(2). Dalam (http://www.e-jurnal.com/2017/02/efektivitas-iklan-all-season-photo.html, diunduh pada 20 Maret 2018).
Rohmadi, M. 2004. Pragmatik Teori dan Analisis. Yogyakarta: Lingkar Media
Sumarsono. 2010. Pragmatik. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Yasundari. "Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial Instagram dengan Motivasi Wirausaha Pebisnis Daring (Online) Dalam Meningkatkan Produktivitas." Jurnal Kajian Komunikasi 4.2 (2016): 207-218. Dalam (http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7737 diunduh pada 5 Mei 2018)