PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA HIBURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING COMMUNITY SISWA KELAS III SD NEGERI KRANGGAN 01 KECAMATAN GEGER KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Susita Susita

Abstract


Menulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa. Dengan menulis seseorang dapat mengungkapkan perasaan, ide, dan gagasan. Menulis merupakan media untuk berkomunikasi  seseorang kepada orang lain. Pengertian menulis lebih banyak dikaitkan dengan suatu aktivitas penulisan cerita fiksi seperti cerpen, puisi, novel, maupun drama. Padahal kegiatan menulis atau mengarang sebenarnya mencakup pengertian yang luas, yakni bagaimana seseorang menuangkan gagasan, pikiran, atupun idenya secara terstruktur dan terarah dalam bentuk tulisan. Tulisan secara umum dapat dikembangkan dalam beberapa bentuk atau jenis, antara lain narasi, eksposisi, deskripsi, dan argumentasi. Model pembelajaran kooperatif dengan aspek Learning Community (LC), yaitu pembelajaran dengan menciptakan suasana kelas menjadi masyarakat belajar. Pada konteks itu terjadi interaksi informasi dari siswa satu ke-siswa yang lain, siswa yang berkemampuan tinggi ke-siswa berkemampuan rendah atau sebaliknya, lebih lanjut diharapkan dari proses pembelajaran LC hasilnya dapat dirasakan merata oleh semua siswa baik yang lemah maupun yang kuat dalam kemampuan dan menjadikan proses belajar yang menyenangkan. Secara spesifik metode Learning Community dapat terjadi komunikasi dua arah atau lebih, semua anggota kelompok diupayakan terbuka, bebas berbicara dan saling aktif berkomunikasi antar teman sehingga dapat memotivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif model Learning Community pada siswa kelas III SD Negeri Kranggan 01 Kecamatan Geger Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018.


Keywords


menulis, pembelajaran kooperatif, learning community

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2002. Kurikulum dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Mata Pelajaran. Pusat Kurikulum, Balibang, Depdiknas.

Arikunta, Suharsimi dkk, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Asrom, dkk. 1997. Belajar Mengarang Dari Narasi hingga Argumentasi. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Petunjuk Pengajaran Membaca dan Manulis. Jakarta :P2M.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999.Garis-Garis Besar Program Pengajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD. Jakarta : Depdikbud.

Departemen Pendidikan Nasioanal. 2003. Standar Kompetesi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Kurikulum 2004 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2004. Bahasa Indonesia Untuk SD Kelas VI Jakarta Depdiknas.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Pendekatan Kontektual ( Contextual Teaching and Learning) (CTL). Jakarta: Depdiknas.

Gunawan, dkk. 1997. Belajar Mengarang. Jakarta: Erlangga.

Majid, Abdul 2006, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Marwoto, M. 1987. Komposisi Praktis. Yogyakarta : Hanindita.

Muttaqin, Raisul 2004. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif Melvin L.Silberman. Bandung: Nusamedia dengan Nuansa, Bandung.

Nurgiantoro, Burhan. 1987. Penelitian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jogjakarta: BPFE.

Nurhadi. 1987. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract has been read : 335 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v6i1.3367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats