ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TATARAN LINGUISTIK PADA SURAT-SURAT RESMI PADA SURAT-SURAT RESMI DI KANTOR DESA TEGUHAN KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI

Nurul Hidayahmuji Lestari, Panji Kuncoro Hadi, Ermi Adriani Meikayanti

Abstract


Tataran fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana pada surat-surat resmi di kantor Desa Teguhan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Desa Teguhan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi pada Februari sampai Juli 2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi atau arsip. Prosedur penelitian berupa tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teori. Analisis data menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan.  Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam surat-surat resmi di kantor Desa Teguhan ditemukan kesalahan dalam tataran linguistik berupa penghilangan fonem, penambahan fonem, dan penambahan ain, penghilangan prefiks meng-, penempatan afiks yang tidak tepat pada gabungan kata, penggunaan konjungsi yang berlebihan, penggunaan istilah asing, penghilangan konjungsi, penggunaan preposisi yang tidak tepat, susunan kata yang tidak tepat, penggunaan kata pukul dan jam, penggunaan kata sarat dan syarat, dan kesalahan penggunaan konjungsi.


Keywords


Analisis Kesalahan Berbahasa, Linguistik, Surat-surat Resmi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 842 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v3i2.2107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats