MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI SMP DENGAN MENGANGKAT KEPOPULERAN KEPAHLAWANAN LOKAL

Muhlis Fajar Wicaksana, Ermi Adriani Meikayanti

Abstract


Abstrak

Model pembelajaran merupakan sebuah gaya yang dimiliki oleh semua guru. Setiap guru memiliki model-model pembelajaran disetiap materi pelajaran yang akan diampunya. Model pembelajaran ini diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikannya. Ilmu pengetahuan yang dikuasai oleh guru, dapat tersampaikan secara komunikatif kepada siswanya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran bercerita dengan urutan cerita yang tepat, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat. Hasil akhir penelitian ini adalah sebuah produk buku atau pedoman yang berisi tentang model pembelajaran bercerita dengan urutan cerita yang tepat, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat. Cerita yang diangkat dalam hal ini adalah cerita yang terkait dengan tokoh-tokoh yang belum populer di mata siswa di sekitar wilayah Madiun. Sepertihalnya; Retno Dumillah, Gubernur Soeryo, Ki Mageti, dan lain sebagainya.

Metode penelitian ini mengacu ke teori Borg and Gall, yang mana menggunakan teori penelitian dan pengembangan. Adapun tahapannnya sebagai berikut;(1) tahap pendahuluan (eksplorasi); (2) tahap pengembangan model (berawal dari perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan (terbatas), revisi hasil uji coba terbatas, uji coba lapangan (produk utama), revisi uji coba lapangan produk utama, uji coba pelaksanaan kelayakan produk); (3) penyempurnaan produk akhir.

Diharapkan dengan terselesaikannya penelitian ini nanti, akan memberikan sebuah model pembelajaran yang baru kepada guru-guru ataupun calon guru bahasa dan sastra Indonesia terkait pembelajaran bercerita. Melalui model pembelajaran baru ini, diharapkan akan mengubah kualitas pembelajaran guru di kelas, sehingga profesionalitas guru meningkat dan prestasi belajar siswa juga meningkat.


Keywords


model pembelajaran, bercerita, dan cerita tokoh kepahlawanan lokalind

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 291 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v2i1.2092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats