Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Kuis Menggunakan Media Artikel Siswa Kelas X-I SMA Bakti Ponorogo

Agung Nasrulloh Saputro

Abstract


Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi standar kompetensi bahan kajian  bahasa Indonesia khususnya membaca adalah aktifitas yang komplek dengan mengarahkan sejumlah besar tindakan yang terpisah – pisah. Dalam membaca orang harus menggunakan pengertian, khayalan, mengamati dan mengingat – ingat. Keterampilan membaca sangat beraneka ragam. Ketrampilan yang komplek ini akan sangat berguna bagi siswa sepanjang masa, utamanya setelah mereka terjun di masyarakat.

Permasalahan yang saat ini sering muncul dalam pembelajaran bahasa khususnya mengenai keterampilan membaca adalah banyaknya siswa yang memngalami kesulitan dalam hal memahami isi dari sebuah wacana khususnya artikel. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya rendahnya minat siswa terhadap bacaan khususnya artikel. Sebagian dari siswa menganggap bahwa membaca merupakan hal yang membosankan,  hal inillah yang mendorong mereka untuk malas (enggan membaca). Penyebab kedua adalah rendahnya tingkat pemahaman mereka terhadap isi wacana.

Berdasarkan permasalahan tersebut secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa terhadap artikel melalui metode kuis, peningkatan minat membaca pemahaman terhadap artikel melalui metode kuis, dan  mengetahui tingkat pemahaman terhadap wacana setelah menggunakan metode kuis Kelas X-I SMA Bakti Ponorogo.

Metode yang digunakan dalam ketrampian membaca menggunakan metode kuis merupakan cara dari penilaian kinerja (Performance Assessment). Penilaian menggunakan format lembar evaluasi terhadap unjuk kerja siswa. Lembar penilaian tersebut dibuat untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi dasar yang telah ditetapkan secara individu dari proses pembelajaran sebagai bahan peningkatan mutu/ hasil pembelajaran. Penggunaan cara ini akan menghasilkan pembelajaran lebih menyenangkan sehingga diharapkan siswa lebih antusias mengikuti pelajaran membaca.

Rancangan penelitian ini adalah rancangan daur ulang atau siklus seperti yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (1988). Peneliti tidak menggunakan kata siklus, melainkan menggunakan kata kegiatan. Pelaksanaan PTK menggunakan dua kegiatan. kegiatan I diawali dengan identifikasi masalah awal, pencarian fakta, analisis masalah. Berdasarkan masalah umum tersebut disusunlah perencanaan tindakan dilanjutkan dengan pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil refleksi pada kegiatan I ternyata permasalahan terletak pada keaktifan siswa dan hasil evaluasi siswa. Ini akan dijadikan pijakan untuk melakukan tindakan pada kegiatan II.  Kegiatan II didasarkan atas hasil refleksi pada kegiatan I, kemudian dilakukan perbaikan dengan mengadakan perencanaan yang lebih terfokus, dilanjutkan dengan pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil refleksi akhirnya diorientasikan untuk menjelaskan dampak praktis tindakan yang dapat digunakan untuk pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Berdasarkan  hasil analisis data  dapat dikemukakan bahwa ada peningkatan keaktifan siswa dan nilai siswa dalam proses membaca. Keaktifan siswa kelas X-I SMA Bakti Ponorogo adalah sebagai berikut: 25,7% siswa sangat aktif, 51,4% siswa aktif, 20% siswa cukup aktif, dan 2,9% siswa kurang aktif.  Hasil dari nilai individu siswa kelas X-I SMA Bakti Ponorogo mengalami kenaikan. Dari keseluruhan siswa yang berjumlah 35 orang,  12 orang siswa yang memperoleh nilai 80, 10 orang siswa yang lain memperoleh nilai 90 dan 13 orang siswa memperoleh nilai 100. Jadi dapat disimpulkan bahwa seluruh siswa tuntas dalam pembelajaran membaca artikel. Dan daya serap klasikal pada kegiatan II ini mencapai 100%.


Keywords


Peningkatan, Membaca, Metode kuis, dan Media artikel

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 2010 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v2i1.2089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats