POSISI PEREMPUAN DALAM PROSTITUSI LESBI PADA NOVEL PEREMPUAN KARYA MAMAN SUHERMAN DALAM PERSPEKTIF FEMINISME

Richowara Ristianto Glorymarch, Panji Kuncoro Hadi2, Yunita Furinawati

Abstract


Penelitian ini termaksuk penelitian kualitatif, analisis yang diguankan adalah analisis isi (content analysis). Dokumen tertulis dan arsip merupakan sumber data memiliki posisi penting dalam penelitian kualitatif, terutama bila sasaran kajian mengarah pada latar belakang atau berbagai peristiwa yang terjadi di masa lampau yang sangat berkaitan dengan kondisi atau peristiwa masa kini yang sedang diteliti (Sutopo,2002:69). Analisis yang dimaksud bahwa peneliti bukan  hanya sekadar mencatat isi penting yang tersurat malainkan juga tersirat.

Analissi isi (content analysis) menuntut peneliti harus bersikap kritis dan teliti dalam membaca, mencatat dan mengidentifikasikan data-data tertulis dari sumber primer. Hal ini dilakukan dengan menyimak, menganalisis dan menggali secara mendalam realita mengenai masalah posisi perempuan dalam portitusi lesbi pada novel Perempuan karya Maman Suherman tanpa menambah dan mengurangi isi novel Perempuan

Penelitian ini menggunakan  teknik pengumpulan data noninteraktif, yaitu mencatat dokumen atau arsip (content analysis). Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan karena penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan literature (kepustakaan), berupa buku dan novel berjudul Perempuan karya Maman Suherman. Teknik pengumpulan data ini menuntut peneliti bersikap kritis dan teliti untuk membaca, mencatat, dan mengidentifikasi data yang di tulis dari buku-buku teori, dokumentasi, dan referensi yang mendukung. 


Keywords


Posisi perempuan dalam Prostitusi Lesbi, kritik satra feminis

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 84 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats