EKSISTENSI BAHASA INDONESIA PADA GENERASI MILLENNIAL

Nimas Permata Putri

Abstract


Bahasa Indonesia adalah jati diri sekaligus identitas bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia memegang peranan penting pada semua aspek kehidupan. Saat ini adalah era millennial, masa adanya peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media dan teknologi digital. Hal tersebut berdampak pada perkembangan bahasa Indonesia. Keadaan yang ada sekarang adalah fungsi bahasa Indonesia mulai digantikan atau tergeser oleh bahasa asing dan adanya perilaku yang cenderung menyelipkan istilah asing, padahal padanan dalam bahasa Indonesianya ada, dikarenakan sikap yang meyakini bahwa akan terlihat modern, dan terpelajar dan dengan alasan mempermudah komunikasi di era millennial.

Gejala fenomena bahasa di atas dikaji menggunakan sosiolinguistik secara kualitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berisi kosakata asing yang berjumlah 35, untuk dijawab padanan dalam bentuk bahasa Indonesia oleh responden. Responden dalam penelitian ini adalah SMK Harapan Sukoharjo dan STKIP PGRI Pacitan, yang dijadikan sampel dari populasi dengan menggunakan teknik purposive dan rundom sampling. Data yang telah terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan metode padan dengan alat penentu langue translasional

Hasil yang diperoleh, SMK Harapan Sukoharjo Jurusan Teknik Elektronika Industri berdasarkan kuesioner adalah  seluruh siswa menguasai padanan dalam bahasa Indonesianya dari 9 kosakata, lalu kosakata yang hanya dikuasai sebagian siswa 3 kosakata dan untuk kosakata yang tidak dikuasai padanan bahasa Indonesianya oleh seluruh siswa berjumlah 23 kosakata. Sedangkan dari 35 kosakata bahasa asing, seluruh mahasiswa STKIP PGRI Pacitan semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoensia, tidak mengetahui padanan dalam bahasa Indonesia dari 16 kosakata, kemudian 6 kosakata dikuasai hanya sebagian kecil mahasiswa dan semua mahasiswa mengetahui padanan dalam bahasa Indonesia 13 kosakata.

 


Keywords


Kata Kunci: Eksistensi, Bahasa Indonesia, Era Millennial

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 47748 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats