ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TATARAN LINGUISTIK PADA PERSURATAN DI DESA BANYUBIRU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI

Titik Istiqomah, Agus Budi Santoso, Ermi Adriani Meikayanti

Abstract


Linguistik memiliki peranan penting dalam penggunaan Bahasa. Hal tersebut juga berlaku dalam penggunaan bahasa pada pembuatan surat. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam tataran linguistik pada surat keluar Maret 2017 di Kantor Desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen atau arsip. Dokumen atau arsip tersebut adalah surat keluar Maret 2017 di Kantor Desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi. Analisis data melalui enam tahap yaitu mengumpulkan data, mengidentifikasi masalah, memeringkat kesalahan, menjelaskan kesalahan, memprediksi tataran kebahasaan yang rawan kesalahan, dan mengoreksi kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesalahan penggunaan bahasa dalam tataran linguistik. Pada tataran fonologi ditemukan kesalahan penulisan kata dasar, penggunaan preposisi, penulisan singkatan, penggunaan huruf kapital, dan penggunaan tanda baca. Pada tataran morfologi meliputi kesalahan afiksasi. Pada tataran sintaksis meliputi kesalahan penggunaan kata yang berlebihan. Pada tataran semantik meliputi kesalahan pemilihan kata yang tidak tepat.


Keywords


Linguistik, Surat, Analisis Kesalahan Berbahasa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 2500 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v5i1.1887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats