KOMPETENSI PENGUASAAN IDE UTAMA DAN IDE TAMBAHAN DALAM PARAGRAF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 HALBAR DI IBU TENGAH MALUKU UTARA

Udin Saubas, Sulami Sibua, Rizmada Azzahra

Abstract


Penelitian ini perlu dilakukan karena selama ini belum diperoleh gambaran yang jelas mengenai kriteria kompetensi menulis paragraph yang baik.  Selama ini, siswa lebih ditekankan pada ilmu menulis praktis seperti menulis surat dinas, karya sastra, dll. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kompetensi penguasaan ide utama dan ide penjelas dalam paragraf pada siswakelas XI SMA Negeri 2 Halbar di Ibu Tengah. Data berupa hasil wawancara dengan pihak guru dan tes instrumen pada siswa. Data dianalisis berdasarkan empat indikator pembentuk kompetensi penguasaan ide utama dan ide penjelas dalam paragraf, yaitu kemampuan siswa dalam (1) Pengetahuan tentang paragraf, (2) Memahami pikiran utama dan pikiran penjelas, dan (3) Melengkapi kalimat, (4) Memilih kalimat utama dan kalimat sumbang.  Dari analisis data tersebut dihasilkan,(1) siswa mampu menafsirkan dengan baik hal penting yang ada dalam wacana, (2) secara keseluruhan siswa sudah mampu untuk menentukan ide utama dan ide penjelas dengan benar, namun identifikasi oleh siswa tersebut cenderung menggunakan letak dari kalimat utama pada paragraf.  (3) siswa mampu dengan baik menentukan kata yang terbuang dari sebuah kalimat utuh sehingga terbentuk suatu paragraph utuh dengan kalimat yang saling berkesinambungan, (4) siswa mampu menyusun secara berurutan sehingga terdeteksi kalimat yang sumbang atau menyimpang dari tema paragraf. Dari nilai yang sudah dipaparkan tersebut,dihasilkan rata-rata persentase kebenaran untuk masing-masing kompetensi, (1) kompetensi pengetahuan paragraf: 37,5% (2) kompetensi memahami ide utama dan ide penjelas: 32,8% (3) kompetensi melengkapi kalimat: 32,9% dan (4) kompetensi penguasaan kalimat utama dan kalimat sumbang: 29,8%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk rata-rata persentase siswa dapat menjawab dengan benar adalah lebih dari 25% untuk masing-masing soal. Dengan demikian kemampuan siswa dikategorikan baik.


Keywords


kompetensi menulis, ide utama dan penjelas paragraf

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 225 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v5i1.1885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats