ANALISIS PEMBUATAN VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH PEMBELAJARAN MENYIMAK OLEH MAHASISWA KELAS A SEMESTER V PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE

Rizmada Azzahra

Abstract


 

Penelitian dilakukan berdasarkan pentingnya peran sebuah media pembelajaran dalam keberhasilan proses pengajaran. Penelitian ditujukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam membuat media pembelajaran yang efektif sehingga mendukung ketercapaian tujuan pengajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu meneliti sebuah objek. Data yang diteliti adalah hasil pembuatan media pembelajaran dalam bentuk video pada mata kuliah pembelajaran menyimak. Data dianalisis berdasarkan kriteria media pembelajaran yang efektif, antara lain dilihat dari segi: 1) ketepatan media dengan tujuan pengajaran; 2) dukungan terhadap isi bahan pelajaran; 3) kemudahan memperoleh media; 4) keterampilan guru dalam menggunakannya; dan 5) sesuai dengan taraf berfikir anak. Dari analisis data tersebut dihasilkan beberapa simpulan, bahwa 1) media dapat digunakan untuk beberapa kompetensi sekaligus dalam satu tema materi. Dengan demikian, akan membantu guru dalam efektivitas alokasi waktu pembelajaran; 2) beberapa media seperti dalam tema cerpen, berita, dan informasi dapat digunakan sekaligus dalam pengambilan nilai evaluasi pembelajaran; 3) pembuatan media video dapat membantu guru sebagai fasilitator, sehingga guru lebih terkonsep dalam melaksankan pembelajaran. Hasil pembuatan media pembelajaran video oleh mahasiswa tergolong berhasil karena mahasiswa mampu menghasilkan media yang efektif dalam alokasi waktunya, mudah dalam pengoperasiannya, dan menarik dalam tampilannya.


Keywords


video media pembelajaran, pembelajaran menyimak

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1124 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v5i1.1759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats