MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI MEDIA BUKU HARIAN PADA SISWA KELAS VII MTsN SARADANKABUPATEN MADIUN

Iis Dyah Ayuningrum

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan-permasalahan yang sering muncul dalam pengajaran bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis, khususnya kemampuan menulis paragraF narasi melalui media buku harian. Kemampuan menulis merupakan kemampuan berbahasa yang sangat kompleks dan menuntut sejumlah kemampuan berbahasa dan senantiasa melatih kita berpikir kritis dan logis. Dapat tidaknya suatu pesan seseorang dipahami oleh orang lain membutuhkan suatu kelengkapan, kesatuan, dan kepaduan, khususnya kepaduan dalam puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan menulis puisi bahasa Indonesia dengan menggunakan media buku harian dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK).

PTK ide awalnya ialah terdapatnya suatu permasalahan yang berlangsung di dalam suatu kelas. Ide awal tersebut di antaranya berupa suatu upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi permasalahan. Dengan penerapan PTK seseorang pelajar mau berbuat apa saja demi perubahan dan perbaikan. PTK juga dapat menentukan berbagai hal, misalnya metode pengajaran, media pengajaran, dan materi pengajaran yang tepat dalam kaitannya dengan implementasi PTK.

Desain penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode ini adalah model penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin, langkah yang ditempuh siklus I, siklus II, dan siklus III, sedang tempat penelitian di MTsN Saradan, Kabupaten Madiun. Penelitian ini adalah penelitian populatif yang homogen, ada anak yang pandai, sedang, dan kurang, usia cenderung sama.

Hasil analisis data siklus I cukup baik, dilanjutkan siklus II dan siklus III. Dari tiga siklus yang telah dilaksanakan dalam penelitian prestasi dan keaktifan objek penelitian sudah memuaskan dan sudah memenuhi ketuntasan belajar. Siswa yang berhasil atau tuntas mengalami peningkatan, siklus I mencapai 69%, siklus II mencapai 88% dan pada siklus III mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII MTsN Saradan, Kabupaten Madiun mampu meningkatkan kemampuan menulis paragraf narasi melalui media buku harian.     


Keywords


Menulis Paragraf Narasi, Media Buku Harian

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1090 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v4i2.1685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia



Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats