PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN SUMBERBENING 1 KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI MELALUI STRATEGI OBSERVASI LINGKUNGAN

Pradistya Arifah Dwiarno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN Sumberbening 1 Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi. Hal tersebut dilakukan karena siswa kelas tersebut sangat kurang dalam hal menulis puisi terutama dalam hal judul, isi, dan diksi. Padahal kemampuan menulis terutama menulis puisi harus dimiliki sejak pendidikan dasar. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan yaitu menjadi 2 tahap. Sedangkan tempat penelitian bersifat terikat karena harus dilakukan di sekolah yang bersangkutan. Rancangan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil penilaian dari kegiatan pembelajaran selama 2 siklus. Setelah penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, diperoleh hasil peningkatan dalam hasil belajar. Hasil pada siklus I belum mencapai batas minimal nilai. Barulah setelah siklus II peningkatan hasil belajar terlihat, yaitu dari sisi judul, isi, dan diksi. Siswapun lebih antusias jika menulis puisi dengan strategi observasi lingkungan

Keywords


Menulis Puisi, Observasi Lingkungan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 294 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v4i2.1683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia



Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats