PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGUNGKAPKAN TANGGAPAN TERHADAP PEMBACAAN CERPEN MELALUI APLIKASI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING SISWA KELAS VII C SMP MA’ARIF 1 PONOROGO

Umi Hidayati

Abstract


Pemahaman konsep Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen pada mata pelajaran Bahasa Indonesia mutlak diperlukan para siswa Kelas VII C. Ironisnya justru di Kelas VII C pemahaman konsep terhadap materi ajar tersebut masih jauh dari harapan, yakni dengan rerata 55,00 dan termasuk pada kategori kurang. Menanggapi masalah ini penulis menawarkan penerapan pendekatan Reciprocal Teaching dengan media realia. Diharapkan setelah menerapkan metode Reciprocal Teaching ini nilai rerata siswa Kelas VII C akan meningkat pada kategori baik bahkan amat baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) meningkatkan motivasi belajar melalui penggunaan pendekatan Reciprocal Teaching dengan media realia siswa Kelas VII C SMP Ma’arif 1 Ponorogo Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014, (2) meningkatkan hasil belajar tentang Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan Reciprocal Teaching dengan media realia siswa Kelas VII C SMP Ma’arif 1 Ponorogo Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus.Tiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah pendekatan Reciprocal Teaching dengan media realia mampu meningkatkan hasil belajar Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen. Hal ini didukung adanya peningkatan mean skor dalam setiap siklusnya yakni siklus I memperoleh 73,08, siklus II meningkat menjadi 79,42, dan siklus III meningkat lagi menjadi 85,58. Selain itu juga ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar tiap siklus yaitu siklus I sebanyak 73,08%, siklus II meningkat menjadi 84,62% dan siklus III mencapai maksimal peningkatan ketuntasan menjadi 100%.


Keywords


Hasil Belajar. Reciprocal Teaching

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 259 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v4i1.1676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia



Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats