PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PERSAJAKAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 KECAMATAN PONOROGO

Liliek Purwokanti

Abstract


Pengajaran Bahasa Indonesia yang diharapkan adalah pengajaran yang dapat membuat siswa benar-benar mampu menguasai kenyataan, bukan hanya menguasai teori saja. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa kemampuan siswa dalam bidang Bahasa Indonesia khususnya pada kompetensi dasar Menulis Puisi Bebas Dengan Memperhatikan Unsur Persajakan sangat rendah, yakni 50,00% dari jumlah siswa memiliki nilai di bawah standar ketuntasan dengan nilai rerata yang dicapai 61,67. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Examples Non Examples, diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa memahami konsep Menulis Puisi Bebas Dengan Memperhatikan Unsur Persajakan.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2x45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Menulis Puisi Bebas Dengan Memperhatikan Unsur Persajakan melalui metode Examples Non Examples pada siswa Kelas VIII E, SMP Negeri 2 Kecamatan Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Peranan Model Pembelajaran Examples Non Examples dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 71,75; siklus II 74,25; dan siklus III 79,12. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan prosentasi ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 65,00%, siklus II 72,50%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 92,50%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples dalam proses pembelajaran dapat meningkatan kemampuan Bahasa Indonesia pada kompetensi dasar Menulis Puisi Bebas Dengan Memperhatikan Unsur Persajakan.


Keywords


Kemampuan, Examples Non Examples

Article Metrics

Abstract has been read : 386 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v4i1.1670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia



Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats