PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG MENGUNGKAPKAN PIKIRAN, PERASAAN DAN INFORMASI SECARA TERTULIS DENGAN METODE SMART LEARNING SISWA KELAS IV SDN CRABAK KECAMATAN SLAHUNG KABUPATEN PONOROGO
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah proses pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan minat siswa. Strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dirancang untuk menyediakan sistem belajar yang fleksibel sesuai dengan kehidupan dan gaya belajar siswa agar pembelajaran berlangsung efektif dan siswa mencapai hasil belajar yang optimal. Berdasarkan kenyataan yang ada, hasil belajar siswa Kelas IV dalam hal menguasai materi Mengungkapkan Pikiran, Perasaan dan Informasi Secara Tertulis dalam kategori kurang. Hal ini didukung adanya mean skor hanya mencapai 54,52. Sedangkan siswa yang telah mencapai KKM 52,17% atau 12 siswa saja dari KKM yang telah ditetapkan 75.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia standar kompetensi Mengungkapkan Pikiran, Perasaan dan Informasi Secara Tertulis melalui strategi pembelajaran SMaRT Learning pada siswa Kelas IV, SDN Crabak Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Peranan model pembelajaran SMaRT Learning dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada standar kompetensi Mengungkapkan Pikiran, Perasaan dan Informasi Secara Tertulis ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 72,04; siklus II 75,56; dan siklus III 83,57. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 69,57%, siklus II 82,61%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran SmaRT Learning dalam proses pembelajaran dapat meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada standar kompetensi Mengungkapkan Pikiran, Perasaan dan Informasi Secara Tertulis.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 282 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v4i1.1668
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.