ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TAKSONOMI LINGUISTIK PADA MEDIA LUAR RUANG TEMA COVID-19 WILAYAH MADIUN

Ayu Novita Sari, Dwi Rohman Soleh, Eni Winarsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesalahan penulisan media luar ruang ditinjau dari penggunaan bahasa dan teknik penyusunan serta bentuk-bentuk ejaan yang digunakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan kesalahan berbahasa dalam penggunaan ejaan bahasa Indonesia dan kesalahan berbahasa dalam tataran linguistik yang meliputi tataran fonologi, morfologi, sintaksis, semantik dan wacana dalam media luar ruang tema Covid-19 di Wilayah Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu, mengumpulkan data kesalahan, mengidentifikasi data kesalahan, mengelompokkan data kesalahan, menjelaskan data kesalahan, dan mengkoreksi data kesalahan. Total data kesalahan dalam penelitian ini yaitu 179 data kesalahan dari 76 data dokumentasi. Kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai kaidah kebahasaan yang baik dan benar sehingga menyebabkan kesalahan dalan tataran linguistik dan ejaan bahasa Indonesia, serta karena kurangnya wawasan penulis tentang bahasa Indonesia.

 

 


Keywords


Analisis kesalahan berbahasa, Taksonomi Linguistik, Media luar ruang

Full Text:

PDF

References


A’yuni, Nia. (2015). “Analisis Kesalahan Berbahasa Berbahasa Tataran Morfologi Dalam Skripsi Mahasiswa Pbsi Ikip Pgri Madiun Tahun Akademik 2013/2014.” Widyabastra 3(2):1–38.

Apriani, Sarah. (2018). “Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Diskusi Siswa Smanegeri 4 Surakarta : Kajian Dengan Prinsip Kerja Sama Grice Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara.” Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 6(1):281. doi: 10.20961/basastra.v6i1.37720.

Bachri, Bachtiar S. (2010). “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Teknologi Pendidikan 10:46–62.

Chaer, Abdul. (2013). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekasiswanto, Rudi, and Ridha Mashudi Wibowo. (2020). “Pemakaian Bahasa Persuasif Media Luar Ruang Selama Masa Pandemik Covid-19 Di Dusun Nyangkringan, Kelurahan Bantul, Kecamatan Bantul, DIY.” Bakti Budaya 3(2):183. doi: 10.22146/bb.60726.

Ghufron, Syamsul. (2015). KESALAHAN BERBAHASA TEORI DAN APLIKASI. yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hasanudin, Cahyo. (2017). “Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Media Luar Ruang Di Kabupatenbojonegoro.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 17(1):120. doi: 10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6963.

Jalita. (2018). “Pemanfaatan Media Luar Ruang Sebagai Media Penyebaran Informasi.” 1.

Meikayanti, Ermi Adriani, and Muhammad Binur Huda. (2014). “Pada Surat Lamaran Kerja Mahasiswa Ikip Pgri Madiun ( Studi Analisis Kesalahan Berbahasa ).” JUrnal UNIPMA 2.

Mulyadi, Yadi. (2017). Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Puspitasari, Yeti. (2014). “Analisis Kesalahan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V Sd Negeri Sampay Rumpin-Bogor.” 20–24.

Ramlan, M. (2005). ILMU BAHASA INDONESIA SINTAKSIS. yogyakarta: C.V. “KARYONO.”

Restu Tomo, Dicky, Dewi Azizah Damaryanti, Oktavia Dhiya Rofifah, and M. Wian Arifana. (2020). “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Di Bidang Wacana Dalam Iklan Produk - Produk Indonesia.” Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia 5(2):192–203. doi: 10.31943/bi.v5i2.82.

Setyawati, Nanik. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori Dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sitanggang, Sri Meragnes, Syarifah Fatimah, and Syukur Saud. (2018). “Analisis Kesalahan Dalam Menggunakan Possesivepronomen Bahasa Jerman.” Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra 2(1):28–34. doi: 10.26858/eralingua.v2i1.5634.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suroso, Eko. (2013). “Bidang - Bidang Kesalahan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai B-2.” Utile Jurnal Kependidikan 1–9.

Yudo, Pambajeng. (2018). “Gaya Bahasa Komentar Dalam Akun Instagram ‘Mimi Peri Rapunchelle.’” Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya 2(2):97–105. doi: 10.25273/linguista.v2i2.3697.


Article Metrics

Abstract has been read : 646 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v10i2.15447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats