PEMEROLEHAN BAHASA TATARAN SINTAKSIS ANAK USIA 4.3 TAHUN (STUDI KASUS PADA ABINAYA WAFA ANGESTI)

Maulidina Pratiwi Kusumaningrum, V. Teguh Suharto, Ermi Adriani Meikayanti

Abstract


Penelitian ini menganalisis tentang pemerolehan bahasa anak usia 4.3 tahun tataran sintaksis studi kasus pada Abinaya Wafa Angesti. Pemilihan Abinaya sebagai responden dikarenakan Abinaya sangat aktif berbicara dan pandai memproduksi ujaran, selain itu perkembangan bahasa pada Abinaya sangat pesat dibandingkan anak-anak pada umumnya, jadi sangat penting untuk diteliti pemerolehan sintaksisnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemerolehan frasa pada anak usia 4.3 tahun dan pemerolehan jenis kalimat berdasarkan fungsi eksternal kalimat pada anak usia 4.3 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari tuturan anak sehari-hari. Instrumen penelitian berupa dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan content analysis. Berdasarkan analisis data pemerolehan frasa pada anak usia 4.3 tahun (studi kasus pada Abinaya), memperoleh 3 jenis frasa yaitu frasa nominal subordinatif, frasa verbal subordinatif dan frasa preposisional.  Sedangkan pemerolehan jenis kalimat berdasarkan fungsi eksternal kalimat, memperoleh 3 jenis kalimat yaitu kalimat deklaratif, kalimat interogatif, kalimat interjektif dan kalimat imperatif.

 

 


Keywords


Pemerolehan Bahasa, Sintaksis, Frasa, Jenis Kalimat

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. & Mohammad, J. (2015). Dasar-Dasar Psikolinguistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, A. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. (2018). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Khairah, M. & Sakura, R. (2014). Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahmawati, Y. (2020). Analisis Sintaksis Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,1 Tahun. Jurnal Sastra Indonesia, 9(3), 158-164. doi 10.15294/jsi.v9i3.42793

Sidiq, U. & Miftachul, C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sidu, L, A. (2013). Sintaksis Bahasa Indonesia. Kendari: Unhalu Press.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis). Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma Anggota APPTI.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Solo: Sebelas Maret University Press.

Tarmini, W. & Sulistyawati. (2019). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: UHAMKA Press.

Triadi, B, S. (2017). Studi Kasus Akuisisi Bahasa Pada Anak Usia 4 Tahun (Kajian Psikolinguistik). Jurnal Sasindo Unpam, Vol. 4, No 1.

Qalbi, S, U. (2020). Jenis Kalimat pada Tuturan Anak Usia Empat Tahun: Kajian Sintaksis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 50-56. doi:http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2il.2688.


Article Metrics

Abstract has been read : 258 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v10i2.15441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats