TEMPAT, WAKTU, DAN STRUKTUR SOSIAL DALAM NOVEL GADIS PANTAI KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER: GAMBARAN STRUKTUR MASYARAKAT FEODAL JAWA AWAL ABAD 20

Rangga Agnibaya

Abstract


Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer menampilkan gambaran sebuah masyarakat Jawa yang khas. Melalui unsur penokohan, latar waktu, tempat, dan sosial, tergambarkan sebuah masyarakat Jawa dengan segala aktivitasnya. Interaksi antar tokoh dan penggambaran latar yang detail menunjukkan kedalaman pemahaman Pram akan dunia Jawa. Tidak hanya gambaran fisik yang detail, melainkan juga gambaran batin manusia-manusia Jawa termanifestasikan dengan baik dalam pengisahan yang dilakaukan oleh Pram. Penelitian ini mengulas dan menganalisis unsur latar yang terdapat di dalam novel Gadis Pantai. Unsur latar yang dianalisis dalam penelitian ini di antaranya adalah: latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. Analisis terhadap unsur latar ini dilakukan untuk mengetahui keterkaitan antara struktur masyarakat yang terbayang di dalam teks karya sastra dan struktur masyarakat Jawa awal abad 20. Menggunakan metode penelitian kualitatif yang menekankan pada aspek pemaknaan terhadap teks yang dikaji, dan dengan pendekatan sosialogi sastra yang memposisikan karya sastra sebagai dokumen sosial, maka penelitian ini menemukan bahwa terdapat indikasi keterkaitan antara struktur masyarakat dalam teks karya dan struktur masyarakat dalam konteks realitas nyata.

 


Keywords


place setting, time setting, and social setting, structure of Javanese society in the early 20th century, literary sociological approach

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.

Niel, R. V. (2009). Munculnya Elit Modern Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiono, M. P. P. (2014). Pendekatan Kua1itatif, Kuantitatif dan R & D, Bandung: A1fabeta.

Teeuw, A. (2020). Sastra dan Ilmu Sastra; Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Nagazumi, Akira. 1989. Bangkitnya Nasionalisme Indonesia: Budi Utomo 1908-1918. Cetakan Pertama. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kuntowijoyo. 2006. Raja, Priyayi, dan Kawula: Surakarta,1900-1915. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Toer, Pramoedya Ananta. 2003. Gadis Pantai. Cetakan Ketiga. Jakarta: Lentera Dipantara.


Article Metrics

Abstract has been read : 834 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v10i2.15439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats