ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS PADA TEKS NEGOSIASI KARYA SISWA KELAS X OTKP SMK PGRI WONOASRI KAB. MADIUN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Indriana Ayu Pramudita, V. Teguh Suharto, Ermi Adriani Meikayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan sintaksis yang meliputi: (1) kesalahan penggunaan frasa pada teks negosiasi karya siswa kelas X OTKP SMK PGRI Wonoasri Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021, (2) kesalahan penggunaan kalimat pada teks negosiasi karya siswa kelas X OTKP SMK PGRI Wonoasri Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah teks negosiasi  karya siswa kelas X OTKP SMK PGRI Wonoasri Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Objek penelitian ini adalah kalimat yang mengandung unsur kesalahan sintaksis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu keadaan alamiah mengenai kesalahan penggunaan sintaksis pada teks negosiasi karya siswa kelas X OTKP SMK PGRI Wonoasri Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk menemukan dan mengklasifikasikan kalimat yang mengandung unsur kesalahan sintaksis digunakan teknik membaca dan mencatat. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan metode agih dengan teknik baca, metode padan ortografis dengan pilih unsur tertentu, dan metode analisis konten yaitu teknik memiliki langkah untuk memperoleh keterangan dari isi teks. Instrumen dalam penelitian ini adalah penelitian penelitian sendiri (human instrument), yaitu sebagai instrument kunci dengan menggunakan kriteria bentuk dan distribusi. Hasil penelitian kesalahan sintaksis pada teks negosiasi karya siswa kelas X OTKP SMK PGRI Wonoasri Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021 ada dua: Pertama, kesalahan penggunaan frasa meliputi empat kesalahan, yaitu: penggunaan susunan kata yang tidak tepat, penggunaan bentuk superlatif yang berlebihan, penggunaan unsur yang berlebihan atau mubazir, dan penggunaan preposisi yang tidak tepat. Kedua, kesalahan penggunaan kalimat meliputi tiga kesalahan, yaitu: kalimat tidak bersubjek dan tidak berpredikat (kalimat buntung), penggunaan bahasa asing, dan penggunaan kalimat yang ambiguitas.


Keywords


Kesalahan, Sintaksis, Teks Negosiasi

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Setyawati, Nanik. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pressindo.

Tarmini, Sulstyawati. (2019). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: UHAMKA PRESS.

Satata, Sri. (2017). Teks Negosiasi Bahasa Indonesia Paket C Tingkatan V Modul Tema 4. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan- Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Moleong, Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alfin, Jauharoti. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surabaya: Lkis

Iku, Maria Damayanti. (2020). “Analisis Kesalalahan Sintaksis dalam Pengumuman untuk Mahasiswa di Lingkungan STKIP Santu Paulus Ruteng” dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa, dan Sastra Indonesia, Volume 3, Nomor 2, halaman 124-130. Flores: Universitas Katolik Indonesia Santu Palus Ruteng.

Ariyadi, Asep Purwo Y. (2020). “Analisis Kesalahan Sintaksis pada Teks Berita Daring berjudul Mencari Etika Elite Politik di saat Covid-19” dalam Jurnal Bahasa dan Sastra, Volume 8, Nomor 2, halaman 139-145. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Puspadi, Ni Luh Nanik. (2021). “Analisis Kesalahan Sintaksis Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Saraswati” dalam Mahasiswi S-1, Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 22, Nomor 1, halaman 344-354. Bali: Ikip Saraswati.

Murad, Dhesy Bonita, dkk. (2021). “Analisis Kesalahan Sintaksis Pada Karangan Deskripsi Bahasa Jerman” dalam Jurnal: Language, Literature, and Linguistics, Volume 2, Nomor 2, halaman 105-116. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Faisah, Nur. (2019). “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Surat-Menyurat di Kantor Kelurahan Layana Indah” dalam Jurnal: Bahasa dan Sastra, Volume 4, Nomor 1, halaman 26-31. Sulawesi Tengah: Universitas Tadulako.

Sari, dkk. (2019). “Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Majalah Toga Edisi III Bulan Desember Tahun 2018” dalam Jurnal: Imajeri, Volume 2, Nomor 1, halaman 11-23. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Sebayang, dkk. (2019). “Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Sosial Media Instagram dalam Postingan, Komentar, dan Cerita Singkat” dalam Jurnal: Serunai Bahasa Indonesia, Volume 16, Nomor 1, halaman 50-57. Binjai: STKIP Budidaya Binjai.


Article Metrics

Abstract has been read : 216 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i2.11659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats