ANALISIS KEMAMPUAN MEMORI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI TERMODINAMIKA PADA SISWA MAN 2 MADIUN

Dyestia Avarini Viardatiwi

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan memori dalam menyelesaikan soal materi termodinamika dan 2) mengidentifikasi pengaruh kemampuan memori siswa dalam menyelesaikan soal materi termodinamika. Sumber data penelitian diperoleh melalui teknik sampling purposive. Sampel sumber data penelitian (siswa) ini sengaja dipilih berdasarkan nilai ulangan harian sebanyak 6 siswa kelas XI IPA 4 di MAN 2 Madiun. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut: tes diagnostik (tes tertulis), wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Kemampuan memori dalam pemecahan masalah matematis pada materi termodinamika adalah sebagai berikut: a) Subyek dengan kategori tinggi dan kategori sedang menunjukkan kecenderungan memiliki profil kemampuan memori yang cukup, b) Subyek dengan kategori rendah menunjukkan kecenderungan memiliki profil kemampuan memori yang kurang. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan memori dalam pemecahan masalah matematis pada materi termodinamika yaitu kurang minatnya siswa terhadap mata pelajaran fisika dan siswa terbiasa melakukan ulangan harian dengan sistem open book sehingga kemampuan memori siswa kurang dalam mengingat kembali materi termodinamika yang telah dipelajari.


Keywords


Kemampuan memori; Termodinamika.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 538 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.