TANTANGAN PENDIDIKAN INKLUSI DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Winarti Winarti

Abstract


Negara-negara Asean sepakat membentuk sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015. Pasar tunggal ini dimaksudkan agar daya saing Asean meningkat serta bisa menyaingi Cina dan India untuk menarik investasi asing. Penanaman modal asing di wilayah ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan. Hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di Indonesia membuka lapangan kerja secara luas dan membuat semakin ketatnya persaingan tenaga kerja karena MEA memungkinkan kemudahan dalam merekrut tenaga kerja asing yang lebih profesional. Jika tidak dsiapkan maka ada kemungkinan negara kita hanya menjadi penonton dan pasar saja bagi negara asing. MEA tidak hanya berimbas kepada bidang ekonomi saja tetapi jelas akan masuk pula pada dunia pendidikan. Pendidikan mencetak para generasi penerus untuk dapat bersaing di kancah Asean maupun Internasional.
Indonesia memiliki tantangan yang berat untuk menghadapi MEA yaitu tantangan sumber daya manusia (SDM) yang terlihat kurang siap untuk bersaing di kancah ASEAN. Berdasarkan kajian BPS 2014 menunjukkan bahwa penduduk Indonesia yang berusia di atas 15 tahun yang bekerja berdasarkan pendidikan secara berurutan adalah: SD sebanyak 46,8%, SLTP 17,82%, SLTA 25,23% dan pendidikan tinggi 10,14%. Apakah dengan komposisi yang demikian memberi keyakinan kepada kita akan kesiapan menghadapi MEA di akhir tahun 2015.
Pendidikan mengemban tugas dalam menyiapkan SDM Indonesia yang mampu bersaing dalam menghadapi MEA ini. Peran pendidikan tentulah sangat besar, baik pendidikan secara formal, non formal, dan informal.
Pada makalah ini akan dibahas sejauh mana kesiapan dan tantangan pendidikan inklusi dalam menyongsong MEA. Mengingat bahwa masyarakat atau siswa difabel adalah bagian dari masyarakat indonesia yang sedikit terabaikan yang tentunya juga akan mengalami dampak dari MEA.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 624 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.