Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Discovery Untuk Meningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa

Ayu Jihat Nabawi Sillia, Mislan Sasono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Tujuan penelitian ini menghasilkan LKS fisika berbasis Discovry untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa, 2) Mengembangkan LKS fisika berbasis Discovery yang berkualitas berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru fisika, 3) Mengetahui respon siswa terhadap LKS fisika pada materi fluida untuk siswa kelas XI MAN 2 Madiun. Prosedur pengembangan mengacu pada model 4D, yaitu model pengembangan menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel dalam Trianto, (2014: 232). Model ini terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan  (Develop), dan penyebaran (Disseminate) dengan beberapa modifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS fisika yang dikembangkan menurut ahli media memiliki kategori baik, ahli materi memilik kategori sangat baik dengan presentase berturut-turut sebesar 83,55% dan 97,09%. Rata-rata respon siswa kelas kecil dan kelas terbatas  terhadap modul yang dikembangkan memiliki kategori tinggi. Keterampilan Proses Sains siswa mengalami peningkatan sedang dengam nilai N-Gain sebesar 0,58.


Keywords


Pengembangan LKS; Berbasis Discovery; Keterampilan Proses Sains Siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 201 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.