Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Discovery Untuk Meningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Tujuan penelitian ini menghasilkan LKS fisika berbasis Discovry untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa, 2) Mengembangkan LKS fisika berbasis Discovery yang berkualitas berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru fisika, 3) Mengetahui respon siswa terhadap LKS fisika pada materi fluida untuk siswa kelas XI MAN 2 Madiun. Prosedur pengembangan mengacu pada model 4D, yaitu model pengembangan menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel dalam Trianto, (2014: 232). Model ini terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate) dengan beberapa modifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS fisika yang dikembangkan menurut ahli media memiliki kategori baik, ahli materi memilik kategori sangat baik dengan presentase berturut-turut sebesar 83,55% dan 97,09%. Rata-rata respon siswa kelas kecil dan kelas terbatas terhadap modul yang dikembangkan memiliki kategori tinggi. Keterampilan Proses Sains siswa mengalami peningkatan sedang dengam nilai N-Gain sebesar 0,58.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 201 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.922
Refbacks
- There are currently no refbacks.