Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan Permainan Ular Tangga Berisi Soal UNAS Dan SBMPTN Materi Fluida Dinamik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI MIA 2 MAN 1 Madiun

Finda Hadiatin Afifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan permainan ular tangga berisi soal UNAS dan SBMPTN sebagai media pembelajaran fisika siswa kelas XI MIA 2 MAN 1 Kota Madiun, 2) Mengetahui respon siswa dan uji kelayakan produk oleh validator terhadap pengembangan media pembelajaran fisika dengan permainan ular tangga berisi soal UNAS dan SBMPTN 3) Mengetahui persentase peningkatan minat belajar siswa kelas XI MIA 2 MAN 1 Kota Madiun setelah menggunakan media pembelajaran fisika dengan permainan ular tangga berisi soal UNAS dan SBMPTN.Penelitian ini merupakan pengembangan dengan adaptasi dari model pengembangan menurut Sugiyono dan model pengembangan 4-D (Four D). Subjek dalam penelitian ini adalah tiga ahli sebagai validator untuk memvalidasi materi dan media, 10 siswa kelas XI MIA 1 sebagai uji kelas kecil, dan 21 siswa kelas XIMIA 2 sebagai uji kelas terbatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan angket. Wawancara observasi digunakan untuk mengetahui kebutuhan siswa akan media pembelajaran yang inovatif dan menarik. Angket digunakan untuk mengetahui kelayakan media, materi, perangkat pembelajaran, respon siswa akan media, dan tingkat minat belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil penilaian ahli terhadap produk pengembangan media menyatakan baik, 2) hasil respon siswa uji kelas kecil dan uji kelas terbatas memperlihatkan respon baik, 3) guru mata pelajaran fisika memberikan respon yang sangat baik, 4) minat belajar siswa uji kelas kecil menunjukkan peningkatan yang sedang (n-gain = 0,48) dan minat belajar siswa uji kelas terbatas menunjukkan peningkatan yang baik (n-gain = 0,53), 5) minat belajar siswa meningkat dengan adanya pengembangan media pembelajaran fisika berupa ular tangga berisi soal UNAS dan SBMPTN.


Keywords


Pengembangan; Media; Ular Tangga; Soal UNAS dan SBMPTN

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 567 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.