Pengembangan Physic Pocket Book Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA.

Luthfiaturrohmah Luthfiaturrohmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan media pembelajaran fisika berupa Physic Pocket Book berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada pokok bahasan fluida statis di MA Al-Mukarrom; (2) Mengetahui kualitas Physic Pocket Book berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada pokok bahasan fluida statis melalui penilaian validator dan respon siswa; (3) Mengetahui persentase peningkatan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media pengembangan Physic Pocket Book berbasis POE (Predict-Observe-Explain).Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis POE (Predict-Observe-Explain) adalah adaptasi modelĀ  pengembangan prosedural menurut Sugiyono dan model pengembangan 4-D oleh S. Tiagarajan Dorothy S. Semmel dan Melvyn L. Semmel. Desain uji coba produk pengembangan dalam penelitian ini yaitu validasi ahli, uji kelas kecil, dan uji coba terbatas. Subjek uji coba adalah 6 siswa untuk uji kelas kecil dari kelas XI IPA 2 MA Al-Mukarrom dan uji coba terbatas yaitu 20 siswa kelas XI IPA 1 MA Al-Mukarrom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah pembuatan Physic Pocket Book dalam penelitian ini yaitu analisis ujung depan, analisis siswa, analisis materi, membuat instrumen, menentukan format, perancangan, validasi ahli, uji kelas kecil dan uji coba kelas terbatas; 2) Kualitas Physic Pocket Book berbasis POE (Predict-Observe-Explain)ini secara umum sudah baik sesuai kelayakan aspek materi dan media yang didasarkan pada validasi ahli. Media pembelajaran ini juga memperoleh respon yang baik pada uji kelas kecil dan uji coba terbatas; 3) Hasil pemahaman konsep siswa dilakukan pada uji kelas kecil dan pada uji coba terbatas memperlihatkan peningkatan.


Keywords


Physic Pocket Book; POE (Predict-Observe-Explain); Fluida Statis; Pemahaman Konsep.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 318 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.