ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI LINK MAP PADA MATERI FLUIDA STATIS

Risa Agustin, Arif Hidayat, Wartono Wartono

Abstract


              Dalam pembelajaran fisika, siswa mengalami beberapa permasalahan yaitu sulit memahami konsep sehingga sering keliru dalam mengerjakan soal-soal konsep ataupun hitungan serta siswa merasa kesulitan untuk menyimpulkan hasil pembelajaran.Proses melengkapi link map dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengamati dan mempertimbangkan suatu laporan hasil observasi serta mampu memprediksi apa yang akan terjadi. Kemampuan tersebut menjadi dasar dalam mengembangkan keterampilan siswa dalam melakukan penyelidikan ilmiah.Link map juga membantu siswa dalam mengingat konsep-konsep yang telah ditemukan dan keterkaitannya dapat bertahan lama dalam ingatan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui link map pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan dengan melakukan survey terhadap 38 siswa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan link map dapat membantu siswa dalam memahami hubungan antara konsep fisika satu dengan konsep yang lain sehingga dapat membuat kemampuan berpikir kritis siswa mengalami perkembangan kemajuan dari setiap pertemuan.Materi fluida statis bukan suatu hal yang asing bagi siswa karena banyak kejadian sehari-hari yang berhubungan dengan fenomena fluida statis. Siswa telah mampu menjelaskan sebab akibat peristiwa tentang fenomena fluida statis dengan strategi link map.


Keywords


link map; fluida statis; berpikir kritis

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 600 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.