Analisis Kesulitan Belajar Ipa Materi Gerak Pada Siswa Kelas VII MTs Sunan Ampel

Helvin Riana Dewi, Andista Candra Yusro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesulitan belajar siswa kelas VII MTs Sunan Ampelterkait pembelajaran IPA pada materi gerak.Sampel penelitian adalah siswa kelas VII MTs Sunan Ampel, diambil secara cluster, dari kelas VII –A dan VII -B sebanyak 48 siswa.Penulis mencoba mengamati mencari kesulitan belajar siswa dengan pengisian angket dan penganalisisan kekuatan dan kelemahan siswa terhadap materi pembelajaran gerak.Dari angket yang disebarkan  menunjukan bahwa  kesulitan belajar terkait pembelajaran IPA terletak pada Fisika yaitu rumus dan perhitungan,mereka merasa lemah pada kemampuan matematis.Sedangkan dari pengamatan melalui pendekatan tujuan pembelajaran materi pembelajaran gerak dengan pemberian soal tentang gerak menunjukan siswa kelas VII MTs Sunan Ampel secara umum lemah dalam kemampuan matematis. Siswa yang lemah dalam penguasaan konsep sebanyak 6% sedangkan  siswa yang lemah dalam kemampuan matematis sebanyak 69 %.Dari hasil peneitian ini dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas VII MTs Sunan Ampelterkait pembelajaran IPA terletak pada lemahnya kemampuan matematis.


Keywords


gerak; IPA; kesulitan belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Irham. (2006). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras pada Siswa Kelas II SMP Negeri I Binamu Kabupaten Jeneponto.

Ani Rusilowati. (2007). Diagnosis Kesulitan Belajar Fisika Siswa SD, SMP dan SMA dengan teknik general diagnostic dan analytic diagnostik

Murni Tuk Nugroho. (2004). Pembuatan Tes Diagnostik Fisika Pokok Bahasan Listrik Statis. Skripsi. Tidak diterbitkan.

Pratama, H., Yusro, A. C., Wardana, Y. S., & Cahyono, N. (2015). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMK PGRI 1 MEJAYAN PADA MATERI KELISTRIKAN. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol.


Article Metrics

Abstract has been read : 2627 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.