Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Buku Komik Fisika Pokok Bahasan Energi Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, And Society)

Zahroh Khusnul Wafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan: Mengetahui persentase peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan media pengembangan buku komik fisika berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society).Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media buku komik fisia dapat meningkatkan prestasi belajar, yang memiliki kriteria sedang. Hasil validasi dari ahli media menyatakan bahwa buku komik memperoleh kategori baik dimana yang telah dinilai oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 89,42% (sangat layak) dan ahli media memperoleh presentase sebesar 91,33% (sangat layak). Prestasi belajar pada uji kelas kecil menunjukkan adanya peningkatan tinggi (N-gain=0,92) dan pada kelas terbatas menunjukkan adanya peningkatan tinggi (N-gain=0,91).


Keywords


Buku Komik Fisika; Siswa; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

__________ 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembeljaran. Yogyakarta: Gava Media.

Putra, N. (2012). Research & Development (Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Yusro, A. C. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN KEILMUAN (JPFK), 1(2), 61-66.


Article Metrics

Abstract has been read : 569 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.