Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen dan metode demonstrasi menggunakan model PBL (problem based learning) ditinjau dari kemampuan berfikir kritis siswa

Reza Maulaya Azka, Purwandari Purwandari, Mislan Sasono

Abstract


Penelitian  ini bertujuan  untuk mengetahui : 1) apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) antara metode Eksperimen dan metode Demonstrasi ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa, 2) apakah ada perbedaan pengaruh kemampuan berfikir  kritis siswa kategori tinggi dan rendah dengan menggunakan metode Eksperimen dan metode Demonstrasi, 3) apakah ada interkasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), metode Eksperimen, metode Demonstrasi, dan kemampuan  berpikir kritis  siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Wungu, sejumlah 10 kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen I menggunakan metode Eksperimen dan kelas eksperimen II menggunakan metode Demonstrasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes kognitif untuk data hasil belajar dan tes kemampuan berfrikir kritis untuk memperoleh data kemampuan berfikir kritis siswa. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan analisis variansi (anava) dua jalan. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa: (1) Fobs (2,73) <Ftabel (4,07) Tidak ada perbedaan pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) antara menggunakan metode Eksperimen dan metode Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. (2) Fobs (83,995) >Ftabel (4,07) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah terhadap hasil belajar siswa. (3) Fobs (0,015) <Ftabel (4,07) Tidak ada interaksi model pembelajaran PBL (Problem Based learning) metode Eksperimen, metode Demonsrasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa.

Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen dan metode demonstrasi menggunakan model PBL (problem based learning)  ditinjau  dari kemampuan berfikir kritis siswa


Keywords


PBL, Eksperimen; Demonstrasi; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 727 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.