Analysis of Problem Based Learning on gravitation Newton’s law material in book of physics

Renia Isna, Mohammad Masykuri, Sukarmin Sukarmin

Abstract


Arah pembelajaran Fisika saat ini lebih mneuju pada pembentukan karakter siswa yang mandiri, terampil, aktif dan kreatif supaya mampu menghadapi tantangan di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui presentase keterpenuhan aspek Problem Based Learning (PBL) pada materi Hukum Gravitasi Newton dalam bahan ajar Fisika kelas X SMA. Analisis yang dilakukan pada setiap indikator pembelajaran telah diatur berdasarkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aspek PBL sudah muncul pada buku A tetapi dengan proporsi yang berbeda yaitu pengenalan masalah (75%), menganalisis dan mempelajari masalah (100%), penemuan dan pelaporan (50%), presentasi solusi (37,5%) dan refleksi yang terintegrasi dengan evaluasi (50%). Sedangkan aspek PBL yang terkandung pada buku B hanya 2 aspek yaitu menganalisis dan mempelajari masalah (100%) dan refleksi yang terintegrasi dengan evaluasi (100%). Pada buku A lebih banyak mengandung kolom kegiatan siswa tetapi pembahasan materi masih terbilang umum sedangkan pada buku B sangat jarang ditemukan kolom kegiatan yang dapat memacu keaktifan siswa tetapi pembahasan materinya lebih mendalam dan berbobot.


Keywords


PBL; Hukum Gravitasi Newton; Buku Teks Fisika

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 553 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.