Pembelajaran inkuiri kolaboratif daring dengan media social Whats App pada kemampuan komunikasi terhadap materi kalor bagi peserta didik di abad 21

Hikmah Mu’alimah, Ishafit Ishafit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berkomunikasi dengan media sosial Whats App yang digunakan dalam memahami pengaruh kalor terhadap perubahan zat. Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dengan jenis data dan analisis datanya berbentuk deskriptis kuantitatif. Pada penelitian ini penulis membuat media pembelajaran menggunakan video tentang pengaruh banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat. Ada tiga macam percobaan. Percobaan pertama untuk membuktikan bahwa kalor sebanding dengan massa zat dengan cara membandingkan dua gelas kimia yang diisi air dengan volume berbeda, kemudian kedua gelas dipanaskan.Percobaan kedua untuk membuktikan bahwa kalor sebanding dengan kalor jenis zat yaitu seperti percobaan pertama, tetapi gelas satu diisi dengan air dan gelas kedua diisi dengan minyak goreng dengan volume sama, kemudian dipanaskan. Percobaan ketiga untuk membuktikan bahwa kalor sebanding dengan perubahan suhu yaitu seperti percobaan pertama hanya menggunakan 1 gelas diisi air dengan volume tertentu dengan lama pemanasan yang berbeda. Kemudian siswa diberi pertanyaan yang sesuai dengan percobaan tersebut, menggunakan media sosial WhatsApp.Penelitian dilakukan pada satu kelas yang terdiri dari 32 siswa, yang dibagi menjadi 8 kelompok. Setiap grup harus membawa 1 HP Android atau  laptop yang sudah tersambung aplikasi WhatsApp. Hasil analisis menunjukkan siswa mampu berkomunikasi dengan Whats App dalam memahami pengaruh kalor terhadap perubahan zat.


Keywords


Pembelajarn inquiri; pembelajaran daring; pembelajaran abad 21

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 2681 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.