Pengembangan pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) menggunakan media game puzzle untuk meningkatkan kreatifitas dan kerjasama pada anak sekolah dasar

Chyta Anindhyta, Achsanul Fiqri, Aulia Arum Pratiwi, Dwikie Mahendra Sani, Ilma Yunita, Khusnul Khotimah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menggunakan media Game Puzzle untuk meningkatkan kreatifitas dan kerjasama pada anak sekolah dasar. Penulisan inimenggunakan jenis penulisan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari literature seperti jurnal, buku yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah teknik pengamatan langsung dan teknik analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif yang meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data (reduction), sajian data (display) dan verifikasi data/penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan pengembangan model pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menggunakan media Game Puzzle dapat meningkatkan kreatifitas dan kerjasama pada anak sekolah dasarĀ 


Keywords


game puzzle; kreatifitas dan kerjasama; Pembelajaran, IPA

Article Metrics

Abstract has been read : 605 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.