Pengembangan modul IPA fisika berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa

Tria Yuliana, Jeffry Handhika, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran fisika berupa modul berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan getaran, gelombang, bunyi, cahaya dan alat-alat optik; 2) mengetahui kualitas modul berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan optik melalui penilaian validator dan respon siswa; 3) mengetahui presentase peningkatan pemahaman konsep siswa setelah mengunakan media pembelajaran berupa modul berbasis inkuiri terbimbing. Pengembangan ini dibatasi pada tahap awal saja dengan menggunakan modelĀ  pengembangan prosedural menurut Sugiyono dan 4-D oleh S. Tiagarajan Dorothy S. Semmel dan Melvyn L. Semmel. Desain uji coba produk pengembangan dalam penelitian ini yaitu validasi ahli, uji kelas kecil, dan uji coba terbatas. Subjek uji coba kelas VIII SMPN 1 Puhpelem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Langkah-langkah pembuatan modul dalam penelitian ini yaitu analisis ujung depan, analisis siswa, analisis materi, membuat instrumen, menentukan format, perancangan, validasi ahli, uji kelas kecil dan uji coba kelas terbatas; 2) Kualitas modul berbasis inkuiri terbimbing ini memperoleh kategori baik dimana yang telah dinilai oleh ahli modul memperoleh presentase sebesar 80% (layak), media pembelajaran ini juga memperoleh respon baik pada uji kelas kecil dan uji coba terbatas; 3) Hasil pemahaman konsep siswa dilakukan pada uji kelas kecil dan uji coba terbatas memperlihatkan peningkatan sedang.


Keywords


Modul IPA Fisika; Inkuiri Terbimbing; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 930 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.