Pengembangan tahap awal instrumen tes berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill - hots) mata pelajaran fisika

Fitrianing Ekawati, Jeffry Handhika, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen tes berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII SMP/MTs. (2) Mengetahui kualitas instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada siswa SMP/MTs berdasarkan validator dan respon siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 2 Geger. Penelitian dilakukan menggunakan model 4-D dengan tahap pendefinisian(define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develope). Pengembangan instrumen tes ini hanya terbatas pada uji tahap awal. Pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Hasil analisis instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda. Hasil menunjukkan, instrumen tes berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi mendapatkan respon yang baik. Hasil penilaian yang dilakukan validator terhadap produk pengembangan didapatkan yaitu presentase ahli materi sebesar 88,7% dengan interpretasi “sangat layak”. ahli bahasa memberikan penilaian sebesar 87,33% dengan interpretasi “ sangat layak”. Hasil respon siswa pada kelas kecil pada tahap eksplorasi diperoleh presentase sebesar 76,3% dengan interpretasi “baik”, sedangkan respon siswa pada uji coba kelas kecil tahap pengembangan sebesar 75,3% dengan interpretasi “ baik”, dan uji coba kelas terbatas diperoleh presentase sebesar 78 %, 73,4% dengan interpretasi “baik”.


Keywords


Instrumen Tes; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; HOTS

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1635 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.