Analisis keterlaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada materi ajar IPA SMP Kelas VIII SMP Negeri 3 Madiun

Mayranti Susilowati, Purwandari Purwandari, Mislan Sasono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi pada keterlaksanaan KTSP dan mengetahui keterlaksanaan KTSP ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini dilakukan pada semester II SMP Negeri 3 Madiun kelas VIII B dengan jumlah 32 siswa, kelas VIII C 32 siswa dan 2 guru IPA seta wakil kepala kurikulum. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dengan metode dokumentasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan KTSP tentang penilaian dalam matri IPA di SMP Negeri 3 Madiun masih ada kendala. Kendala yang dirasakan adalah keanekaragaman kemampuan peserta didik pada ranh kognitif, afektif maupun ranah psikomototrik. Berdasarkan hasil angket pelaksanaan standar penilaian yang disebarkan untuk guru dan siswa diperoleh skor sebesar 82,5 % untuk guru, sedangkan untuk siswa sebesar 75,61 %. Dari hasil tersbut makan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan standar penilaian untuk materi IPA di SMP Negeri 3 Madiun sudah berjalan dengan baik. Pemahaman guru IPA di SMP Negeri 3 Madiun terhadap KTSP sangat baik. Perencanaan Pembelajaran berada pada kategori sangat baikdan pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik.


Keywords


pemahaman KTSP; perencanaan; pelaksanaan; penilaian pembelajaran

Full Text:

PDF PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 736 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.