Peningkatan ketrampilan berfikir kreatif siswa melalui penerapan inkuiri terbimbing berbasis STEM

Helvin Riana Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan berfikir kreatif Fisika siswa kelas VII MTs Sunan Ampel Nganjuk. Penelitian berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan satu siklus sebanyak 2 kali pertemuan. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Sunan Ampel Nganjuk semester genap tahun ajaran 2016/2017, dengan jumlah siswa 17 siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes essay pre test dan post test untuk mengukur ketrampilan berfikir kreatif siswa.Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling.Hasilpenelitianmenunjukannilai rata-rata ketrampilan berfikir kreatif siklus I dan siklus 2 yang dinyatakan dengan rata-rata N-Gain mengalami peningkatan dengan perolehan pada siklus 1 sebesar 0,6 yang dikategorikan sedang dan meningkat pada siklus 2  sebesar 0,7 yang dikategorikan sedang. Pada siklus I Indikator berpikir kreatif yang paling tinggi adalah keterampilan berpikir lancar (fluency) yaitu sebesar 0,76 dan indikator berpikir kreatif yang paling rendah adalah keterampilan berpikir asli (originality) dengan nilai N-gain sebesar 0,34, begitupula pada siklus II Indikator berpikir kreatif yang paling tinggi juga pada keterampilan berpikir lancar (fluency) yaitu sebesar 0,81 dan indikator berpikir kreatif yang paling rendah adalah keterampilan berpikir asli (originality) dengan nilai N-gain sebesar 0,48. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa penerapan inkuiri terbimbing berbasis STEM dapat meningkatkan ketrampilan berfikir kreatif siswa kelas VII MTs Sunan Ampel Nganjuk.


Keywords


Inkuiri Terbimbing; STEM; Ketrampilan Berfikir Kreatif

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 505 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.