Peningkatan hasil belajar siswa tentang kalor dengan model pembelajaran discovery learning di SMP Negeri 2 Wungu tahun ajaran 2016-2017

Yunita Eka Dewi, Tantri Mayasari, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menerapkan model pembelajaran discovery learning pada materi pokok kalor di kelas VII B SMP Negeri 2 Wungu. (2) Mengetahui sejauh mana model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wungu tahun ajaran 2016-2017 pada materi pokok kalor. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 silklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wungu semester genap tahun ajaran 2016-2017, dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi afektif dan psikomotorik siswa, dan soal tes untuk mengukur kemampuan kognitif. Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar afektif pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 75,43 dan pada siklus II nilai rata-ratanya adalah 80. Sedangkan hasil belajar psikomotorik pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 76,30 dan pada siklus II nilai rata-ratanya 83,26. Nilai rata-rata kemampuan kognitif siklus I dan siklus II yang dinyatakan dengan rata-rata N-Gain mengalami peningkatan dengan perolehan pada siklus I sebesar 0,5 yang dikategorikan sedang dan pada siklus II sebesar 0,7 yang dikategorikan sedang. Hasil penelitian tentang penerapan model pembelajaran discovery learning tersebut dapat diterapkan oleh guru fisika, karena mampu membantu siswa dalam penguasaan konsep materi pelajaran fisika dan mengembangkan keterampilan-keterampilan yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan hasil belajar baik ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.


Keywords


Discovery learning; Hasil belajar

Article Metrics

Abstract has been read : 544 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.