Peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pokok bahasan listrik melalui model discovery learning kelas XI listrik 1 di SMKN 1 Bendo tahun pelajaran 2016/2017

Prodito Sandy Akhpriliano

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami kompetensi dasar menguasai hubungan antara tegangan hambatan dan arus searah pada proses pembelajaran program keahliam Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas XIL1 di SMK Negeri 1 Bendo, dan untuk mengetahui penggunaan metode discovery learning dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam memahami kompetensi dasar menguasai hubungan antara tegangan hambatan dan arus searah pada proses pembelajaran program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas XIL1 di SMK Negeri 1 Bendo. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, kemudian datanya dianalisis menggunakan teknik pengujian instrumen berupa penilaian rpp, lembar observasi, soal pilihan ganda, validitas, dan reliabilitas soal. Hasil penelitian ini adalah 1) Metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menguasai hubungan antara tegangan hambatan dan arus searah pada proses pembelajaran program keahlian teknik instalasi tegangan listrik kelas XIIL1 di SMK Negeri 1 Bendo, 2)  Metode discovery learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam menguasai hubungan antara tegangan hambatan dan arus searah pada proses pembelajaran program keahlian teknik instalasi tegangan listrik kelas XIIL1 di SMK Negeri 1 Bendo.


Keywords


Aktivitas; Discovery Learning; Hasil belajar; Listrik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1474 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.