Penerapan LKS inkuiri terbimbing menggunakan PhET materi teori kinetik gas

Syarifatun Niam Alfiani, Ishafit Ishafit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan LKS model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan virtual laboratory yang dikembangkan untuk pembelajaran Fisika, dan (2) mengetahui respon siswa terhadap LKS model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan virtual laboratory. Metode penelitian ini menggunakan 4D models dan sampel penelitian diambil menggunakan Cluster Random Sampling. Penelitian diadakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta dengan melibatkan satu kelas (XI IPA 3) dengan jumlah sampel 26 siswa. Materi fisika yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kinetik gas. Data kelayakan LKS model inkuiri terbimbing menggunakan virtual laboratory diperoleh dengan instrumen angket respon siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran. Data respon siswa terhadap LKS pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan virtual laboratory diperoleh dengan instrumen angket respon siswa setelah mengerjakan LKS tersebut. Analisis angket respon menggunakan analisis skala likert. Hasil analisis statistik menunjukkan respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan virtual laboratory berkategori baik. Hasil analisis statistik juga menunjukkan respon siswa terhadap LKS pembelajaran menggunakan virtual laboratory berkategori cukup baik. Dengan demikian, LKS inkuiri terbimbing menggunakan virtual laboratory di SMA Negeri 5 Yogyakarta layak digunakan dan LKS model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan virtual laboratory berkategori baik.


Keywords


LKS; inkuiri terbimbing; virtual laboratory; respon siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 839 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.