Pengintegrasian budaya lokal dengan fisika melalui pembelajaran multi representasi

Siska Desy Fatmaryanti

Abstract


Fisika merupakan ilmu yang berusaha memahami aturan-aturan alam yang begitu indah dan dengan rapi dapat dideskripsikan secara matematis. Menurut Mundilarto (2010), deskripsi pengetahuan diperlukan untuk menginterpretasi prinsip Fisika yang lebih kompleks dan berkaitan dengan beberapa konsep. Oleh karena itu, kemampuan peserta didik dalam membuat deskripsi pengetahuan Fisika sangat berperan dalam keberhasilan menginterpretasi suatu prinsip Fisika yang melibatkan beberapa konsep. Kemampuan peserta didik dalam menggunakan pengetahuan Fisika tergantung pada seberapa efektif pengetahuan tersebut telah terorganisasi.

Pembelajaran fisika di sekolah perlu memadukan paradigma ilmiah dengan cara pandang peserta didik tentang istilah-istilah dalam sains dan gejala-gejala fisis yang terjadi di alam sekitarnya. Latar belakang budaya di lingkungan peserta didik juga menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Tugas guru adalah mengaitkan antara konsep fisika yang peserta didik pelajari di sekolah dengan latar belakang budaya yang ada di lingkungan peserta didik sendiri. 


Keywords


Budaya lokal; Pembelajaran fisika; Multi representasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 782 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.