Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Kesehatan Mental Anak Usia Sekolah di Desa Dulangon Kecamatan Lolak

Moh Rizki Fauzan

Abstract


Gadget merupakan teknologi yang sangat populer sekarang ini, orang dewasa maupun anak-anak menggunakan gadget, dimana banyak produk-produk gadget yang menjadikan anak-anak sebagai target pasar mereka dan anak-anak kini telah menjadi konsumen aktif pengguna gadget. Dampak negatif penggunaan gadget yaitu dapat mengganggu kesehatan, menganggu perkembangan anak, mempengaruhi perilaku anak dan penurunan konsentrasi belajar. Peran keluarga yaitu menggambarkan perilaku, sifat dan kegiatan yang berhubungan dengan individu dalam situasi posisi tertentu. Tujuan Penelitian: Penelitian ini untuk mengetahui peran keluarga dalam menghindari dampak negatif peggunaan gadget pada kesehatan mental anak usia sekolah. Metode Penelitian: menggunakan metode deskriptif analatik dengan pendekatan cross sectional. Sampel menggunakan metode pengambilan Total sampling yaitu 51 keluarga yang memiliki anak usia 10-12 tahun. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner dan analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian: berdasarkan uji chi-square menunjukan adanya hubungan antara ke dua variabel  dengan nilai p=0,000 kurang dari 0,05. Kesimpulan: dari penelitian ini adalah ada hubungan antara peran keluarga dalam menghindari dampak negatif gadget pada kesehatan mental anak usia sekolah di Desa Dulangon Kecamatan Lolak.Saran: Diharapkan penelitian ini menjadi acuan bagi keluarga untuk selalu memperhatikan anaknya agar tidak selalu menggunakan gadget agar tidak berdampak buruk.


Keywords


Peran keluarga; dampak gadget pada anak

Full Text:

PDF

References


Akbar, H. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Community Engagement & Emergence Journal, 1(2), 42–47.

Anggraeni, A., & Hendrizal, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 13(1).

Badan Pusat Statistik. (2017). Statistik Usia 5 Tahun Ke Atas Yang Memiliki Telepon Seluler Sulawesi Utara.

Dani, R. W. R. (2014). Fenomena Kecanduan Game Online Pada Siswa.

Fahriantini, E. (2016). Peranan Orang Tua Dalam Pengawasan Anak Pada Penggunaan Blackberry Messenger di Al-azhar Shifa Budi Samarindai. EJournal Ilmu Komunikasi, 4(4).

Fathoni, A. R. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap perkembangan Anak Usia Dini.

KIftiyah, I. N., Sagita, S., & Baharudin, A. (2017). Peran Media Youtube Sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 3(1), 199–208.

Kominfo. (2017). Jumlah Penetrsi Pengguna Internet. Biro Humas Kementrian Komunikasi Dan Informasi.

Kominfo. (2018). Pengaruh Gadget Pada Anak. Kementrian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia, 67–69.

Markustianto, D. (2017). Keluarga Sebagai Gadget bagi Anak. Jurnal Profesi, 7(17), 73–77.

Mediasyifa. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Remaja Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Bogor. In Bogor: Institut Pertanian Bogor (pp. 34–35).

Novitasari, W. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 182–186.

Nuraedah. (2016). Peran Orang Tua Dalam Penanggulangan Dampak Negatif Handphone Pada Anak.

Palar, J. E., Onibala, F., & Oroh, W. (2018). Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Dan Perilaku Anak Dalam Penggunaan Gadget Di Desa Kiawa 2 Barat Kecamatan Kawangkoan. Jurnal Keperawatan, 6(2), 12–21.

Triastuti, Y. (2018). Hubungan Bermain Gadget dengan tingkat perkembangan anak usia 4-6 tahun di taman kanak-kanak.

UNICEF. (2014). Perilaku Anak Dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Siaran Pers Kominfo, 21.

WHO. (2014). Dampak Negativ Gedget.

Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, N., & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Di Sekolah Dasar. PADAGOGIK: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1).


Article Metrics

Abstract has been read : 1895 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pharmed.v4i1.8350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.