Perbandingan Efektivitas Kaplet Antipiretik Dua Merek Dagang Parasetamol Dan Produk Generik Terhadap Mencit (Mus Musculus) Jantan

Ulfa Ni'ammah, Nasruhan Arifianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas antipiretik dari parasetamol bermerek dengan harga mahal, parasetamol bermerek dengan harga generik (murah) dan parasetamol generik pada mencit demam. Hewan coba dalam penelitian ini menggunakan mencit Mus musculus jantan. Tahapan penelitian pemberian perlakuan pada hewan coba meliputi sebelum diberi perlakuan mencit diukur suhu rektalnya (suhu awal), kemudian disuntik dengan pepton 5% secara subkutan. Satu jam kemudian suhu rektal kembali diukur, setelah itu mencit diberi perlakuan dengan bahan uji dan kontrol negatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa persentase daya antipiretik parasetamol bermerek dengan harga mahal, parasetamol bermerek dengan harga generik (murah) dan parasetamol produk generik berturut-turut sebesar 0,86%, 1,07% dan 0,41% pada waktu pengamatan menit ke-60. Efek antipiretik parasetamol paling efektif digunakan untuk menurunkan suhu rektal mencit demam yaitu parasetamol merek B dan efektivitas terkecil terdapat pada parasetamol generik.


Keywords


parasetamol; generik; antipiretik; induksi pepton

Full Text:

PDF

References


Barnes, J.M., Paget, G.E. (1964). Evaluation of Drug Activities. New York: Academic Press.

Ganong, W.F. (2005). Pengaturan Sentral Fungsi Visera. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Edisi 22 (Terjemah M. Djauhari W). Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Malole M. B. B. & Pramono, S. C. U. (1989). Penanganan Hewan Percobaan di Laboratorium Universitas Bioteknologi. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Neal. M. J. (2002). At a Glace Farmakologi Medis. Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Thompson, E.B. (1990). Drug Bioscreening, Fundamental of Drug Evaluation Techniques in Pharmacology. New York: VCH Publisher Inc.


Article Metrics

Abstract has been read : 1343 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pharmed.v1i2.2972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY

  

View My Stats

Pharmed is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International