Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Lima Besar Penyakit Tertinggi Pada Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Siti Hajar Mataram

willi wahyu timur

Abstract


Kepuasan pasien merupakan penilaian konsumen terhadap pelayanan yang diberikannya. Pasien akan puas jika pelayanan yang diberikan kepadanya sesuai dengan harapannya, dan pasien akan tidak puas jika pelayanan yang diberikannya tidak sesuai dengan harapannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan lima besar penyakit tertinggi pada pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi Rumah Sakit Islam Siti Hajar Mataram dan mengetahui karakteristik subjek responden berdasarkan jenis kelamin, usia, dan pekerjaan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 110 responden. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Pada penelitian ini didapatkan hasil distribusi responden berdasarkan jenis kelamin terbanyak yaitu perempuan yang berjumlah 69 responden (62,7%), berdasarkan usia terbanyak yaitu 56-65 tahun berjumlah 44 responden (40%), berdasarkan pekerjaan terbanyak yaitu Ibu Rumah Tangga (IRT) berjumlah 49 responden (44,5%). Tingkat kepuasan pasien pada setiap dimensi pelayanan meliputi kehandalan (86%), ketanggapan (81%), jaminan (88%), empati (93%), bukti langsung (88%), dengan rata-rata kelima dimensi (87%). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan tingkat kepuasan pasien rawat jalan lima besar penyakit tertinggi pada pelayanan kefarmasian adalah sangat puas.

Keywords


Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasi, Instalasi Farmasi

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R. N. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Swamedikasi Terhadap Pemberian Informasi Obat Di Apotek Siaga Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan The.

Atikah, N., Parhatiwi, S. N., Pertiwi, A. D., & Utami, E. F. (2021). Identification of waste : DOWNTIME in the outpatient prescription services at the pharmacy installation of Rumah Sakit Islam Siti Hajar Mataram Identifikasi waste : DOWNTIME pada pelayanan resep rawat jalan di instalasi farmasi

Fadhilah, H., Nurlita, N., & Listiana, I. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada. Edu Masda Journal, 4(2), 121.

https://doi.org/10.52118/edumasda.v4i2.103

Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian, 14(1), 42. https://doi.org/10.26576/profesi.135

Herjunianto, Wardhani, V., & Prihastuty, J. (2014). Faktor yang Mempengaruhi Cakupan Layanan Farmasi di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Factors Affecting Pharmaceutical Service Coverage in Hospital ’ s Outpatient Units. 28(1), 8–14.

Instalasi Rekam Medis. (2022). Data Penyakit Pasien Rawat Jalan. RSI Siti Hajar Mataram

Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Lima Besar Penyakit Tertinggi Pada Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Siti Hajar Mataram

 ISSN: 2579-8944

Kawahe, M., Mandagi, C. K. F., Kawatu, P. A. T., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2015). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kefarmasian Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Teling Atas Kota Manado. Pharmacon, 4(4), 261–269. https://doi.org/10.35799/pha.4.2015.10215

Maimunah, S., Utami, F. E., Dianti, M. R., & Inayatillah, F. R. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Dinoyo Malang. 7(1). https://doi.org/10.18860/jip.v7i1.14695

Manapode, M., Tampa’i, R., Pareta, D., & Tulandi, S. (2021). Evaluasi Kepuasan Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi RSJ. Prof. DR. V.L Ratumbuysang. Biofarmasetikal Tropis, 4(1), 109–117. https://doi.org/10.55724/jbiofartrop.v4i1.317

Marginingsih, R., Susilowati, I. H., & Widiyanti, W. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Melalui Pelayanan Informasi Pada Aplikasi KRL Access. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4(2), 185–199. https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.8029

Meli, M. T. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keframasian Di Puskesmas Cisadea Kota Malang.

Muhammad, D., Almasyhur, & Setiani, L. A. (2020). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 174–186. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11606

Nisa’, Z., Sugihantoro, H., Syahrir, A., & Wijaya, D. (2021). Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Ganesha Farma Kabupaten Lamongan. Journal of Islamic Pharmacy, 6(1), 52–65. https://doi.org/10.18860/jip.v6i1.11273

Novega, Darmawansyah, & Akbar, H. (2022). Gorontalo. 5(2), 132–137.

Puspasari, H., Harida, S., & Fitriyani, D. (2018). Tingkat Pengetahuan Tentang “ DAGUSIBU ” O bat Antibiotik Pada Masyarakat Desa Sungai Awan Kiri Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang Tahun 2017 The “ DAGUSIBU ” K nowledge About Antibiotic Drugs In Society Sungai Awan Kiri Village Muarapawan Districts. 3(1), 11–18.

Rianto, L., Al’Qarana, G., & Sabrina, A. (2019). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Klinik X Menggunakan Aplikasi E-Servqual Berbasis Web. Jurnal Riset Kefarmasian Indonesia, 1(3), 210–224. https://doi.org/10.33759/jrki.v1i3.52

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. Jurnal Fokus, 4(4), 279–284.

Windri, T. M., Kinasih, A., & Sanubari, T. P. E. (2019). PENGARUH AKTIVITAS FISIK DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA HIPERTENSI DI PANTI WREDHA MARIA SUDARSIH AMBARAWA. 3(11), 1444–1451.

Yuliani, N. N., Sambara, J., & Hermanus, I. (2015). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat


Article Metrics

Abstract has been read : 21 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pharmed.v6i2.17931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY

  

View My Stats

Pharmed is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International