Analisis Kandungan Fenolik Total Pada Fraksi Ekstrak Etanol Daun Adas (Foeniculum vulgare Mill) Dengan Metode Partisi Bertingkat

Alvina Rahman

Abstract


Tanaman adas (Foeniculum vulgare mill), tanaman herbal tahunan berasal dari Eropa Selatan dan Asia. Kandungan dari tanaman adas yang berkhasiat dalam pengobatan salah satunya adalah fenolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar kandungan fenolik total ekstrak etanol daun adas fraksi N-heksan, fraksi etil asetat dan fraksi air dengan metode partisi menggunakan spektrofotometri UV-Vis. Fraksinasi dilakukan dengan metode partisi bertingkat. Penelitian ini bersifat eksperimental, pengolahan data menggunakan analisis data SPSS dengan uji normalitas (Shapiro-Wilk), homogenitas (Levene test) dan untuk mengetahui hubungannya dengan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar fenolik total pada fraksi N-heksan 228,71 ± 10,833 mg Gallic Acid Equivalent/g; fraksi etil asetat 402,91 ± 8,966 mg GAE/g dan fraksi air 256,13 ± 7,879 mg GAE/g. Hasil yang diperoleh paling besar yaitu fraksi etil asetat. Hasil uji SPSS dengan uji Mann Whitney terhadap N-heksan dan etil asetat, etil asetat dan air mempunyai nilai p sebesar 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan, (≤ 0,05). Kesimpulan bahwa semua fraksi N-heksan, etil asetat dan air mempunyai kandungan fenolik total, yang paling besar adalah etil asetat dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan.


Keywords


Tanaman adas, Fenolik total, Partisi, Fraksinasi

Full Text:

PDF

References


Ahwan, Qonitah F. (2018). Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Daun Adas terhadap Kadar Hormon Prolaktin Pada Tikus Betinapost Partum, Jurnal Farmasetis, Volume 7 No 2, Hal. 39-44.

Andriani, D., & Murtisiwi, L. (2018). Penetapan Kadar Fenolik Total Ekstrak Etanol Bunga Telang (Clitoria ternatea L.) Dengan Spektrofotometri UV Vis. Cendekia Journal of Pharmacy, 2, 32–37. URL: https://cjp.jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/cjp/article/viewFi le/15/15.

Dewantara Lalu Aang Robby, Ananto Agus Dwi, Andayani Yayuk. (2021). Penetapan Kadar Fenolik Total Ekstrak Kacang Panjang (Vigna unguicalata) dengan Metode Spektrofotometri UV-Visible. Universitas Mataram. Mataram.

Fiqanisa Hikmah. (2012). Pengaruh Partisi Bertingkat Cair–Cair Ekstrak Etanol Rimpang Jahe (Zingiber officinale Rosc.) Terhadap Profil Kandungan Senyawa Kimia Dan Aktivitas Antiradikalnya. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hapsari, A.M., Masfria, dan Dalimunthe, A. (2018). Pengujian kandungan total fenol ekstrak etanol tempuyung (Shoncus arvensis L.). Tropical Medicine Conference Sciences. 01(2018), 284-90.

Hasanah Maharani. (2004). Perkembangan Teknologi Budi Daya Adas (Foeniculum vulgare mill.). jurnal Litbang Pertanian, 23(4).

Nurud Diniyah, Sang-Han Lee. (2020). Komposisi Senyawa Fenol Dan Potensi Antioksidan Dari Kacangkacangan: Review. Teknologi Pertanian, Universitas Jember.

Yana, Y.D., (2017). Efektifitas Infusa Daun Adas (Foeniculum vulgare L.) pada Tikus Putih (Rattus sp.) Pasca Melahirkan Terhadap Pertumbuhan Anakan’. Yogyakarta Univ. Islam Negeri Sunan Kalijaga. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.


Article Metrics

Abstract has been read : 50 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pharmed.v6i2.16763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY

  

View My Stats

Pharmed is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International