Analisis Biaya Terapi Pada Pasien Infeksi Saluran Kemih Rawat Inap Di RSUD DR. Moewardi Surakarta

Windi Astuti

Abstract


Infeksi saluran kemih adalah salah satu penyakit infeksi yang terjadi akibat adanya mikroorganisme dalam urin. Infeksi saluran kemih pembiayaannya diatur dalam tarif INA-CBG’s. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian biaya riil dengan tarif INA-CBG’s pada pasien JKN rawat inap penyakit infeksi saluran kemih di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Penelitian ini merupakan observasional dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Metode pengambilan data secara retrospektif. Data dianalisis untuk melihat pola pengobatan pasien selama menjalani rawat inap, uji one sample t-test untuk mencari selisih biaya riil dengan tarif INA-CBG’s, dan uji korelasi bivariat untuk melihat faktor yang berhubungan dengan biaya riil.

Hasil penelitian menunjukkan pola pengobatan pasien infeksi saluran kemih menggunakan antibiotik Ceftriaxone (40,8%), Cefixime (7,1%), Ceftazidime (10,2%), Ciprofloxacin (26,5%), Levofloxacin (9,2%), Amoxicillin (3,1%), Ampicillin (1,0%), dan Gentamicin (2,0%). Analisis biaya rill dengan tarif INA-CBG’s terdapat perbedaan antara biaya riil dengan tarif INA-CBG’s pada pasien JKN rawat inap penyakit infeksi saluran kemih. Faktor yang behubungan dengan biaya riil pengobatan infeksi saluran kemih adalah LOS (Length of Stay), diagnosa sekunder, dan tingkat keparahan

Keywords


Infeksi Saluran Kemih; INA-CBG’s; Biaya Riil

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI. 2016. Peraturan Menteri kesehatan Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2016 tentang Standar Pedoman Indonesiaan Case Based Groups (INA-CBG’s) Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Depkes RI. Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2016. Peraturan Menteri kesehatan Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2016 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan. Depkes RI. Jakarta.

Dipiro, J.t., Wells, B.G., Dipiro, C.V., dan Schwinghammer, T.L., 2015. Pharmacotherapy Handbook. Ninth Edition. McGraw-Hill Education. USA.

Kolawole AS., Kolawole OM, dan Kandaki-Olukemi YT. 2009. Prevalence of Urinary Tract Infections among patients attending Dalhatu Araf Specialist Hospital, Lafia, Nasawara State, Nigeria. International Journal of Medicine and Medical Sciences. 1:163-167.

Probandari A. 2007. Cost Effectiveness Analysis Dalam Penentuan Kebijakan Kesehatan: Sekedar Konsep atau Aplikatif. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 10: 104-107

Tjay, T.H., dan Raharja, K. 2002. Obat-Obat Penting Khasiat, Edisi 5. PT. Elexmedia Komputindo. Jakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 999 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pharmed.v4i2.10323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY

  

View My Stats

Pharmed is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International