Perkembangan Pemanfaatan Lingkungan Geografis dalam Lirik Lagu Campursari: Perspektif Ekolinguistik

Endang Sri Maruti

Abstract


Lirik lagu campusari menarik untuk dikaji karena mengandung banyak, seperti nilai sejarah, topografi, dan perkembangan budaya masyarakat Jawa. Sampai saat ini, belum ada ulasan mendalam tentang lirik lagu campursari berdasakan teori ekolinguistik. Untuk itu, penelitian ini berupaya mendeskripsikan bentuk perkembangan manifestasi ekologi dan budaya yang terkandung dalam lirik campursari. Penelitian ini bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data dengan studi dokumentasi, yaitu mengumpulkan kata, frasa, klausa, dan kalimat dalam lirik lagu campursari yang mengandung unsur ekolinguistik. Adapun prosedur pengumpulan datanya dengan menghimpun lirik-lirik lagu campursari dari berbagai versi, dengan menyimak lagu-lagu berbahasa Jawa, kemudian menranskripsi dengan mencatat liriknya. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode agih yang menggunakan teknik substitusi atau teknik ganti. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bentuk penggambaran kondisi alam lingkungan dalam lirik campursari mengalami pergeseran ataupun perkembangan. Jika awalnya suatu wilayah digambarkan dengan lugas dan tegas tentang cerita sejarah yang penuh dengan nilai patriotik, kemudian bergeser ke arah penggambaran kisah romantik atau tragis dari cerita cinta anak muda yang terjadi di wilayah tersebut tanpa ada unsur sejarah sedikitpun.

 


Keywords


lingkungan geografis; sejarah; percintaan; campursari, ekolinguistik

Full Text:

PDF

References


Achsani, F. (2019). Sastra dan Masyarakat: Fenomena Ambyar Pada Lirik Lagu Didi Kempot. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 2, 153. https://doi.org/10.29240/estetik.v2i2.1192

Ariadi Eka Sugeng. (2018). Suara Ekoliterasi Campursari dalam Lagu Hits Didi Kempot. Makalah KBI XI, 1–13.

Garrard, G. (2010). 1 Ecocriticism. Year’s Work in Critical and Cultural Theory, 18(1), 1–35.

Kravchenko, A. V. (2016). Two views on language ecology and ecolinguistics. Language Sciences, 54, 102–113.

Mühlhäusler, P., & Peace, A. (2006). Environmental discourses. Annu. Rev. Anthropol., 35, 457–479.

Rohman, N. (2016). Pemanfaatan Aspek Stilistika Pragmatik Sebagai Strategi Mengkritik Dalam Wacana Lirik Lagu Campursari. Universitas Gadjah Mada.

Widiyono, Y. (2013). Nilai Pendidikan Karakter Tembang Campursari Karya Manthous. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2)


Article Metrics

Abstract has been read : 826 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v4i1.6337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats