Peningkatan Ketrampilan Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman Pribadi Siswa SMA menggunakan Model Sinektis

Yuli Asmara Budi Nurani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek yang didasarkan pada pengalaman pribadi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Geger kabupaten pada siswa kelas XI IPA 2 dengan menerapkan model sinektis. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam bentuk siklus pembelajaran yang dilakukan dalam dua siklus. Terdapat peningkatan skor rata-rata kemampuan menulis cerpen siswa dari pra siklus hingga selesainya siklus sebesar 17,35. Secara garis besar model sineksis mampu meningkatkan kemampuan menulis cerpen bagi siswa.


Keywords


Keterampilan Menulis Cerpen; Model Sinektis

Full Text:

PDF

References


Amintaningsih, A. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berbasis KUIK (Kisah, Unsur Intrinsik, Dan Khayalan) Melalui Model Sinektik Di Kelas X Sma Negeri 1 Pemalang. Lingua Didaktika, 2(2), 75–85. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ld.v4i2.1258

Hilal, I. N. (2013). Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Menggunakan Model Problem Based Instruction (PBI) dan Model Sinektik pada Siswa Sma. Universitas Negeri Semarang.

Joyce, B., & Weil, M. (1986). Models of Teaching. Prentice-Hall,Inc.

Kadarusman, G., & Cahyono, B. E. H. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Pohon Ajaib dengan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Siswa Tunarungu Kelas II SDLB Dharma Wanita Jiwan Kabupaten Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(1), 61. https://doi.org/10.25273/linguista.v2i1.2756

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action research planner (3rd ed.). Deakin University.

Kusrianti, A., & Suharto, V. T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 145–152.

https://doi.org/10.25273/LINGUISTA.V3I2.5736

Latief, M. A. (2009). Classroom Action Research In Language Learning. http://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/11/Assumption_hypothesis.pdf

Mubaroq, A. K., & Subyantoro, S. (2017). Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Model Sinektik dan Model Kreatif-Produktif pada Peserta Didik SMA Berdasarkan Tipe Pemerolehan Informasi. In Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 6, Issue 1).

Rostika, D. (2016). Model Sinektik Dalam Pengajaran Pengukuran Waktu Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1). https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2786

Saragih, D. K. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Novel Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Dengan Model Sinektiks Budaya Komunikasi Indonesia. Prosiding Seminar Nasional UU ITE VS Budaya Komunikasi Di Indonesia, 1.

Sayekti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Pembelajaran Model Jigsaw melalui Buku Tulis Halus pada Siswa Kelas II SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 91–104.

Setyaningsih, N. H. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Model Sinektiks Yang Dikembangkan. Lingua, 6(2).

Sholeh, K., & Afriani, S. (2016). Teknik Mind Mapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2(2), 27–45.

Wahyuni, E. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Iklan Televisi Pada siswa Kelas IX A SMP Negeri 3 Balikpapan. Lingua, 12(2), 233–242.


Article Metrics

Abstract has been read : 1707 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v4i1.6273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats