Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa

Anik Kusrianti, V. Teguh Suharto

Abstract


Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning dengan multimedia dalam pembelajaran menulis puisi dan untuk menjelaskanhasil belajar menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkurmenggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan multimedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Pangkur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. aktifitas kegiatan siswa dari siklus I dengan persentase 71,88% ke siklus II dengan persentase 87,50% dan apresiasi menulis puisi siswa mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase 71,17% dan meningkat pada siklus II sebesar 83,75%. Kedua dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dengan hasil belajar berikut ini (1) prestasi belajar siswa tuntas 87,50% (2) 87,50% siswa mampu menghasilkan puisi dengan kualifikasi baik, (3) 85,25% siswa memiliki tingkat keaktifan belajar baik, (4) 83,75% siswa memiliki apresiasi menulis puisi baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Multimedia dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkur Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi.


Keywords


Problem Based Learning; Multimedia; Menulis Puisi.

Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ivers, Karen S. & Barron, Ann E. (2010). Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, And Assessing. ABC-CLIO, LLC: California.

Kurniawan, H. (2014). Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif dan Apresiatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalimun, dkk. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika aditama.

Sabrina, R. M. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6 No. 2 September 2017; seri C 272-280, diunduh 16 Juli 2018.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, H. B. & Mohamad, N. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Waluyo, H. J. (1995). Teori dan apresiasi Puisi. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Article Metrics

Abstract has been read : 5148 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats