Nilai Nasionalisme Dan Moral Dalam Novel Diponegoro Dan Perang Jawa Karya Ms Ardian Gajah Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia

Yulin Setianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai nasionalisme dan sikap kepribadian moral yang ada dalam novel Diponegoro dan Perang Jawa: MS Ardian dan penerapannya pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari novel Diponegoro & Perang Jawa: MS Ardian dan data dari hasil observasi dan wawancara yang berlokasi di SMP NEGERI 1 WONOASRI. Teknik pengumpuan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan dua teknik analisis yaitu content analysis dan metode deskriptif. Content analysis digunakan saat menganalisis data dari novel, sedangkan metode analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data yang diperoleh saat dilapangan. Hasil temuan penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Nilai nasionalisme dalam novel tersebut banyak ditunjukkan dengan sikap rela berkorban untuk membela negara dan menghargai lambang negaranya (2) Semua sikap kebribadian moral terkandung dalam novel tersebut, yakni Sikap kejujuran, kesediaan bertanggung jawab, kemandirian, keberanian, dan sikap kerendahan hati, dan (3) Hasil analisis nilai nasionalisme dan moral digunakan sebagai bahan tugas dalam kelompok. Ketika kedua nilai dari novel tersebut diterapkan, pada awal pembelajaran siswa hanya mengerti pengertiannya, hal itu dikarenakan guru hanya menjelaskan pengertian secara singkat. Kondisi pembelajaran sangat kondusif karena kegiatan siswa terlalu terfokus pada proses pengerjaan tugas. Meskipun tergolong materi yang berat namun pembelajaran tidak membutuhkan fasilitas yang mewah, cukup perangkat pembelajaran yang lengkap.


Keywords


Nilai Nasionalisme; Moral; Novel; Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Full Text:

PDF

References


Andre. 2012. Lahirnya Nasionalisme Indonesia. http://xcacingpanasx.blogspot.com/2012/11/lahirnya-nasionalisme-indonesia.html. Di unduh 10 September 2014.

Ardison, M.S. (2017). Diponegoro & Perang Jawa. Jakarta Ecosystem Publishing.

Burhan, N. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: PT. Gadjah Mada University Press.

Setiadi, E. M. (2005). Panduan Kuliah Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Elly M. Setiadi, Kama A. Hakam, Ridwan Effendi. 2007. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Emzir. 2011. Metode Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Franz Magnis dan Suseno. 1987. Etika Dasar. Yogyakarta: Kanisius.

Heri Herdiawanto dan Jumanta Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Jakarta: Erlangga.

Herman J. Waluyo. 2002. Pengkajian Sastra Rekaan. Salatiga: Widya Sari Press.

Hesti Mutiara. 2013. Jenis-Jenis Novel. http://hestiimanti.blogspot.com/2013/02/jenis-jenis-novel.html. Diunduh 22 Februari 2015.

Ilahi, M. Takdir. (2012). Nasionalisme dalam Bingkai Pluralitas Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Malin, B. (2013). Unsur Ekstrinsik Cerita. http://bahasaindonesiayh.blogspot.com/2012/04/unsur-ekstrinsik-cerita-cerpennovel.html. Di unduh 22 Februari 2015.

Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Stanton, R. (2007). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salam, B. (1997). Etika Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H. B, (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Suharto, V. T. (2013). Pengantar Teori Belajar-Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis Pengalaman. Salatiga: Widya Sari Press.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Wicaksana, M F. (2012). Pendidikan Nilai-Nilai Moral Melalui Pengajaran Sastra Berbentuk Komik Multimedia Berbasis Flash dengan Mengadaptasikan Kearifan Budaya Lokal. Widyabastra, 1 (1): 38-43.


Article Metrics

Abstract has been read : 2049 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v3i1.4654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats